Dihadiri Gubsu, Ketua DPRD SU, Kapoldasu dan Pangdam I BB

Moderamen GBKP Periode 2020-2025 Dilantik


887 view
Moderamen GBKP Periode 2020-2025 Dilantik
(Foto: SIB/Eva Rina Pelawi)
FOTO BERSAMA: Sepuluh Moderamen GBKP periode 2020-2025 foto bersama seusai dilantik, Minggu (18/4) di GBKP Runggun Batang Serangen, Medan. 

Medan (SIB)

Pelantikan Moderamen GBKP periode 2020-2025, Minggu (18/4) di GBKP Runggun Batang Serangen, Medan dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting, Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I BB Mayjen TNI Hassanudin. Sepuluh orang pengurus Moderamen yang baru terpilih pada Sidang Majelis Sinode ke-36 dilantik oleh Pdt Pasu Bukit, pendeta senior di GBKP.


Seperti yang dilansir hariansib.com, Ketua Moderamen 2005-2010, Pdt Jadiaman Purba dalam khotbahnya yang diambil dari Kisah Rasul 20 : 28 mengatakan, suasana hari pelantikan mirip dengan situasi kisah rasul. Paulus memanggil pemimpin jemaat dan menyerahkan estafet kepemimpinan. Diingatkan, dalam melayani tidak mencari kekayaan, teladani Paulus yang dengan segala upaya bertanggung jawab melayani.


Dikatakan, GBKP sudah 131 tahun, masyarakat menerima firman Tuhan dari penginjil Belanda dan Jerman. Mereka mempelajari kultur masyarakat Karo, membangun sekolah, rumah sakit untuk memerdekakan masyarakat Karo dari keterbelakangan. Karena itu kembangkanlah pendidikan. Bagaimana 50 tahun ke depan pendidikan masyarakat, kalau sekolah yang ada tidak dikelola dengan baik. Penginjilan ke Karo telah dimulai dan yang meneruskan adalah masyarakat Karo. Roh kudus yang bisa menggerakkan untuk memerdekakan manusia dari kebodohan. Bagaimana Roh Kudus hidup dalam kita? Tentu kalau kita mau beribadah, membaca firman. Pdt Jadiaman juga mengajak Moderamen untuk membuat wadah bagi jemaat untuk meningkatkan pendidikan seperti universitas. Roh Kudus akan memotivasi kita untuk ikut melayani di GBKP. Kalau tidak, warga GBKP akan tetap kelas dua.


“Kiranya Roh Kudus bekerja dalam Moderamen dalam pelayanan agar GBKP bisa jadi terang dan garam. Jadi berkat bagi sekitarnya. Moderamen bisa solid dengan peran Roh Kudus yang dijadikan guru,” katanya.


Bersinergi

Sementara itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengucapkan selamat menjalankan tugas dan amanah kepada Moderamen yang baru dikukuhkan. Serta mengajak bersama-sama untuk membangun dan menyejahterakan masyarakat Sumut.


"Mari bersama kita menetapkan hati dan membulatkan tekad dan mengajak seluruh jemaat dengan pengukuhan ini, agar terwujud kesejahteraan rakyat sebagai aktualisasi kita dalam membangun Sumut yang kita cintai," ucap Edy Rahmayadi.


Edy Rahmayadi berharap, GBKP yang berpusat di Sumut dapat meningkatkan sinergitas dan kerja sama dengan Pemprov dalam membina kerukunan umat beragama. Apalagi, GBKP yang lahir 131 tahun yang lalu di Desa Buluhlawar Deliserdang, kini telah tersebar di 27 klasis dan 773 runggun dengan jumlah jemaat lebih kurang 350 ribu. "Perayaan 131 tahun ini merupakan momen penting dalam memfokuskan basis yang menjadi sasaran visi dan misi," katanya.


Edy Rahmayadi juga meminta pada seluruh jemaat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan senantiasa melindungi diri dengan asupan makanan yang sehat agar dapat terhindar dari pandemi Covid-19.


Sementara itu Wali Kota Medan, Boby Nasution dalam sambutannya secara virtual mengajak gereja memutus mata rantai Covid 19 dan mengakomodir generasi muda untuk kembali ke rumah ibadah agar jadi insan yang baik. GBKP kiranya dapat membimbing generasi muda bisa bersaing ke depannya.


Harapkan aktif di pgi

Ketua PGI Sumut Pdt Darwis Manurung dalam sambutannya mengharapkan GBKP tetap aktif di PGI. GBKP bisa menjalankan tugas panggilannya sebagai gereja di Sumut khususnya, Indonesia umumnya.


Sementara Ketua Umum Moderamen yang baru dilantik, Pdt Krismas Imanta Barus berterima kasih atas kerja keras panitia yang membuahkan hasil sangat baik. Tekanan yang diterima GBKP membuat banyak belajar dan Tuhan memberi kekuatan.


Pdt Krismas juga menyatakan kesiapannya bersama tim untuk menerima masukan dan kritikan.

Secara terpisah Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting kepada wartawan mengatakan, gereja harus tetap menunjukkan perannya dalam mendukung pembangunan dan juga ikut memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Moderamen yang baru kiranya bisa bekerja dengan solid dalam melayani agar GBKP semakin maju dan tetap menjadi berkat.


Turut memberi kata sambutan Pdt Petrus Sugito dari UEM, Ketua Panitia SMS ke-36 GBKP Kombes Pol Dr Antonius Ginting SpOG, MARS, BPMR GBKP Batang Serangen, Medan. Acara dilanjutkan dengan perayaan HUT ke-131 GBKP dengan memotong cimpa matah dan dibagikan kepada hadirin. Hadir pada acara itu Bupati Karo Terkelin Brahmana dan dimeriahkan oleh artis Lyodra Ginting. (SS2/A13/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com