Momentum Lahirnya Bahasa Persatuan, 5.000 Peserta akan Ikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia


155 view
Momentum Lahirnya Bahasa Persatuan, 5.000 Peserta akan Ikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia
Istimewa
Kepala Balai Bahasa Sumut, Marianto mengatakan pihaknya dan Disdik Sumut akan menggelar Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia pada Kamis (28/10/2021) dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda.
Medan (SIB)
Hari ini, Kamis 28 Oktober 2021 merupakan perayaan 93 tahun peristiwa akbar Sumpah Pemuda yang juga menjadi hari lahirnya Bahasa Persatuan Indonesia. Untuk itu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia melalui Balai Bahasa Indonesia Provinsi Sumut bekerjasama dengan Disdik Sumut menggelar Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Peserta UKBI sendiri akan diikuti 5.000 peserta yang tersebar 33 kabupaten/kota yang ada di Sumut. Tingginya minat peserta yang mengikuti UKBI itu akan menjadi peserta terbanyak yang pernah ada sehingga UKBI tersebut bisa mencatat rekor baru dan memecahkan rekor Muri.

Kepala Balai Bahasa Indonesia Sumut Marianto saat diwancarai wartawan, Rabu (27/10) di Aula Rumah Dinas Gubernur Sumut menjelaskan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia ingin membangkitkan kembali memori kolektif sebagai Bangsa Indonesia sehingga Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan sudah menjadi bahasa yang modern.

Salah satu bukti Bahasa Indonesia masuk dalam kategori bahasa modern dan sejajar dengan bahasa-bahasa besar dunia, itu terlihat dengan sudah terwujudnya instrumen alat uji standard yang dikenal dengan UKBI.

Sementara itu dalam kedudukannya sebagai bahasa resmi negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, bahasa pengantar pendidikan, bahasa komunikasi tingkat nasional, serta bahasa pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan kondisi seperti itu bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan peran yang sangat penting dan strategis dalam memfasilitasi proses kemajuan bangsa Indonesia.

UKBI juga merupakan tes standar untuk mengetahui kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia, baik penutur jati (asli) maupun penutur asing. Sebagai bangsa yang memiliki bahasa modern yang multifungsi dan memiliki jumlah penutur yang besar.

Bangsa Indonesia memang harus memiliki sarana evaluasi mutu penggunaan bahasa Indonesia. Tanpa mengabaikan peran wahana lain UKBI memiliki fungsi yang amat strategis, tidak hanya untuk meningkatkan kualitas bahasa Indonesia, tetapi juga untuk memupuk sikap positif dan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap bahasanya.

"Dengan diselenggarakannya UKBI ini sehingga hari Sumpah Pemuda bukan saja lagi hanya sekedar mengenang setiap tahun tetapi kita telah mengulangi menanamkan nilai-nilai yang memang harus dimiliki, sehingga mereka bisa sekolah kemanapun nantinya seperti misalnya keluar negeri namun NKRInya tetap kuat.Jangan sampai terjadi kita hanya memproduksi SDM cuma dari awal saja tetapi kita tidak bisa menggunakannya, dikarenakan para anak Bangsa yang meneruskan pendidikannya ke luar Negeri tidak mau kembali ke Tanah Air setelah menyelesaikan pendidikannya," ujar Mardianto.

Sedangkan Marianto Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumut menerangkan bahwa penyelenggaraan UKBI tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga sosial distancing, sehingga para peserta dibagi menjadi 2 kelas dan beberapa sesi.

Marianto juga menyatakan kebanggaannya ternyata tokoh pemuda pencetus bahasa persatuan bahasa Indonesia adalah putra kelahiran Provinsi Sumut Sanusi Pane yang sedang di usulkan menjadi salah satu Pahlawan Nasional.

"Atas jasa-jasanya tersebut, Disdik Sumut akan menyematkan namanya pada perpustakaan yang ada di Sumut. Selain Sanusi Pane masih banyak para tokoh-tokoh terkenal dulunya yang kini tidak dikenal publik lagi oleh karenanya kita akan menggali kembali," tutupnya. (A13/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com