Muspika Pancurbatu Tiga Kali Surati Pemprov Sumut untuk Perbaiki Jembatan Merah Tuntungan

* Camat Pancurbatu: Perekonomian Masyarakat Terganggu

86 view
Foto Dok/Leo Bukit
Kantor Camat Pancurbatu
Pancurbatu (SIB)
Muspika Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang telah mengirimkan surat kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut), untuk melakukan perbaikan jembatan merah di Tuntungan yang telah rusak dan miring pasca meluapnya Sungai Belawan akhir tahun 2020 lalu.

Camat Pancurbatu Sandra Dewi Situmorang SSTP MSi mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Pemprov Sumut sebanyak tiga kali. "Sudah kami kirim surat tiga kali di akhir tahun 2020, Januari dan Februari 2021," kata Sandra Situmorang seperti dilansir dari harianSIB.com, Kamis (10/6).

Ia mengaku Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sudah meninjau lokasi jembatan yang telah rusak. "Kami mana bisa berbicara apa-apa di situ, itukan gawean pemerintah provinsi," ungkapnya.

Dalam peristiwa ini, pihaknya hanya bisa sebatas bermohon melalui surat yang telah dikirimkan ke pemerintah provinsi agar segera diperbaiki jembatan tersebut.

"Surat sudah saya buat, kapasitas saya hanya bisa bermohon, untuk realisasinya dari pak gubernur. Memang sewaktu pak gubernur meninjau jembatan ini, beliau ada memerintahkan pelaksana tugas Kepala Dinas PU Sumut untuk segera memperbaiki," ujarnya.

Namun, kata Sandra, hingga saat ini perbaikan tersebut belum juga terealisasi. "Ya pasti kita kecewa karena belum ada perbaikan jembatan," ketusnya.

Perekonomian terganggu
Salah satu kekecewaan tersebut yaitu mengganggu perekonomian masyarakat khususnya masyarakat Pancurbatu. "Akses jalan itu menghubungkan perekonomian masyarakat Pancurbatu ke Kecamatan Kutalimbaru," jelasnya.

Sebelumnya, pemerintahan Desa Durinjangak, Kecamatan Pancurbatu dan masyarakat angkat bicara terkait jembatan merah Tuntungan yang belum diperbaiki dan pengutipan liar.

Kepala Desa Durinjangak Resta Perganin mengatakan pihaknya sudah menyampaikan surat kepada Muspika Pancurbatu dan Pemkab Deliserdang, bahwa jembatan itu belum juga diperbaiki pemerintah provinsi.

"Untuk mengatasi agar masyarakat dapat melintas, kami melakukan penimbunan sebanyak dua kali dengan biaya swadaya mandiri," ujarnya sembari mengaku kesal terhadap pemerintah provinsi karena hingga saat ini tidak ada lanjut untuk memperbaiknya.

Disinggung lokasi jembatan dijadikan ajang pungli oleh sekelompok pria yang berpura-pura mengatur lalu-lintas, Resta berkilah pihaknya bersama Polsek dan Koramil Pancurbatu sudah menertibkan kelompok pemuda tersebut, bahkan memasang plank yang bertuliskan tidak pengutipan.

Sementara itu, masyarakat Desa Durinjangak, Kecamatan Pancurbatu, meminta Gubernur Sumut Edy Ramayadi segera turun tangan memerintahkan dinas terkait untuk memerbaikinya.

Seorang warga bermarga Tarigan mengatakan sejak mengalami kerusakan hingga saat ini hanya terlihat tanda-tanda perbaikan seadanya. "Masyarakat pengguna jalan khawatir suatu saat jika Sungai Belawan kembali meluap jembatan akan jatuh," kata Tarigan.

Ia mengatakan secara kasat mata, kondisi jembatan merah tersebut sudah miring dan sebagian besi penahan atas telah bengkok. Namun perbaikan yang terlihat hanya pengerjaan pembuatan penahan saja. "Kami minta kepada pak Gubernur agar secepatnya jembatan yang menghubungkan Kecamatan Kutalimbaru dan Pancurbatu ini diperbaiki.

Menurutnya, perbaikan hanya sekedar pembangunan penahan saja tidak akan bertahan lama. "Sebab, kondisi jembatan sudah miring dan pondasinya longsor," ujar pria yang mengaku setiap hari melintasi jembatan tersebut untuk memasarkan hasil buminya.

Pria ini pun membeberkan saat kunjungan Gubernur Sumut ke jembatan merah Tuntungan itu, dirinya mendengar gubernur langsung memerintahkan Dinas PUPR Provinsi Sumut secepatnya memerbaiki jembatan tersebut.

"Namun faktanya tidak ada, malah sampai saat ini hanya terlihat pengerjaan penahan jembatan saja yang dikerjakan. Untuk apa itu," ketus pria berusia 52 tahun ini. (R8/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com