Awali Perolehan Medali di Wushu

Nicholas dan Fredy Raih Perak dan Perunggu

* Tim Sepakbola Putra Sumut Kalahkan Sulsel 1-0

119 view
Nicholas dan Fredy Raih Perak dan Perunggu
Foto Istimewa
FOTO BERSAMA: Sekum KONI Sumut bersama peraih perak dan perunggu serta skuad wushu taolu Sumut.
Merauke (SIB)
Nicholas dan Fredy Wijaya mengawali perolehan medali Sumut dari cabor wushu PON XX/2021 setelah meraih medali perak dan perunggu nomor gabungan taijijian-taijiquan, Kamis (30/9) di GOR Dispora Merauke, Papua.

Nicholas meraih medali perak setelah di nomor taijiquan mendapat nilai 9.57, sehingga total nilai yang didapatnya dari taijijian dan taijiquan 19.12. Sedangkan Fredy Wijaya yang sempat menempati peringkat kedua, turun ke peringkat ketiga atau meraih medali perunggu. Pada lomba taijiquan Kamis kemarin, ia sesungguhnya tampil baik, namun di jelang akhir aksinya mendapat pengurangan angka karena saat pendaratan sedikit agak goyang, sehingga ia hanya mendapat 9.31 atau total nilai 18.96.

Medali emas nomor gabungan taijijian-taijiquan diraih atlet Pelatnas Bobie Valentinus Gunawan (Jatim), total nilai 19.41.
Di nomor Jian Shu Putra, dua atlet Sumut, Wilbert Sanjaya dan Charles Sutanto sementara berada di peringkat empat dan lima dari sembilan peserta.

Penampilan Wilbert sesungguhnya sangat baik, bahkan mendapat simpati banyak penonton. Ia mendapat nilai 9.61. Aksi apik juga diperlihatkan Charles Sutanto. Hanya saja di pengujung lomba, aksesoris di ujung pedangnya terlepas sehingga ia mendapat pengurangan angka, atau harus puas dengan nilai 9.55.

Tampil di tempat pertama nomor ini M Daffa Golden Boy (Jatim) 9.72, disusul M Abdul Harist (DKI) 9.67 dan Erwein Wijayanto (DKI) 9.62.

Nilai nomor Jian Shu ini nantinya akan digabung dengan Qiang Shu. Sementara di Jian Shu dan Qiang Shu putri, Sumut tidak mengirim atletnya. Demikian juga di nomor gabungan Dao Shu / Gun Shu putra putri.

Medali Emas
Keberhasilan Nicholas dan Fredy meraih perak serta emas nomor Taijijian/Taijiquan, disambut syukur dan sukacita oleh Sekum Pengprov WI Sumut Heriyanto dan Tim Manajer Harianto Tan. Menurut mereka ini adalah sinyal positif bagi Wushu Sumut.

“Hari ini kita meraih perak dan perunggu. Semoga pada lomba besok (Jumat hari ini -red), harapan Sumut meraih medali emas dapat terwujud,” ujar Heriyanto.

Manajer Tim Harianto menjelaskan, harapan Sumut meraih emas di antaranya dari Juwita Niza Wazni yang sementara memimpin perolehan nilai Nanquan putri. “Semoga Niza kembali menjadi yang terbaik di nomor Nan Dao. Kami mohon doa seluruh masyarakat,” ujar Harianto Tan.

Selain Niza, harapan Harris Horatius merebut medali emas juga belum tertutup meski di nomor Nanquan putra kemarin, ia sementara menduduki peringkat tiga nilai 9.45. Tempat pertama sementara diduduki William (Jatim) 9.68 dan Yofan (Jateng) 9.46. “Kita berharap Harris bisa tampil maksimal di nomor Nan Gun sehingga ia bisa menjadi yang terbaik,” ujarnya.

Kalahkan Sulsel 1-0
Tim sepak bola putra Sumatera Utara memenangkan laga melawan Sulawesi Selatan dengan skor tipis 1-0 di Stadion Mahacandra Uncen, Jayapura pada penyisihan Grup B Pon Papua XX 2021, Kamis (29/9).

Kemenangan ini membuat Sumatera Utara membuka peluang lolos ke babak enam besar. Sedangkan bagi Sulawesi Selatan, hasil ini membuat mereka semakin sulit untuk menembus babak selanjutnya.

Pada awal babak pertama, Sumut lebih bisa menguasai pertandingan dan kerap menekan lini pertahanan Sulsel. Mereka juga beberapa kali mengancam gawang yang dijaga oleh Muh Rizaldy R.

Peluang pertama Sumut muncul saat penyerang Rio Syahputra Damanik lolos dari jebakan offside, namun tembakannya masih menyamping di sisi kanan gawang Sulsel.


Sumut kembali mengancam gawacng Sulsel ketika penyerang Faisal Romadoni menerima umpan dari sisi kiri, namun sayang tendangannya masih melambung di atas mistar gawang.

Selanjutnya giliran Sulsel yang mengancam gawang Sumut melalui penyerang Al Asyahri Tahmil, tetapi tendangannya masih bisa diblok oleh kiper Sumut Muhammad Irfan.

Sulsel kembali mempunyai peluang emas ketika gelandang Anugrah melepaskan tembakan ke gawang Sumut, namun masih bisa diamankan oleh penjaga gawang.

Kedua tim selanjutnya saling lempar serangan, tapi tidak ada peluang yang membahayakan sehingga skor sama kuat 0-0 tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Pertandingan babak kedua dimulai dengan tempo yang relatif lambat, dan hanya sesekali kedua tim memberikan ancaman.

Sumut akhirnya memecah kebuntuan pada pertengahan babak kedua melalui gelandang Kevin Armedyah Nur Erwihas yang melesakkan bola ke pojok atas gawang Sulsel, yang membuat skor berubah menjadi 1-0.

Usai kebobolan, Sulsel berusaha untuk mengejar ketertinggalan, namun tidak dapat menemui hasil. Sedangkan Sumut sesekali memberikan ancaman.

Hingga pertandingan usai, Sumut tetap menjaga keunggulan mereka dan memastikan kemenangan atas Sulsel dengan skor tipis 1-0.

Kemenangan ini membuat Sumut untuk sementara berada di puncak klasemen sementara Grup B cabang olahraga sepak bola putra dengan raihan empat poin, sedangkan Sulsel tetap berada di dasar klasemen dengan nirpoin.

Selanjutnya dijadwalkan Sumatera Utara menghadapi tim tangguh Jawa Timur di Stadion Mahacandra Uncen dan Sulawesi Selatan akan berhadapan dengan Jawa Tengah pada Senin (4/10) pukul 15.00 WIT. (R9/Antaranews/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com