Dr RE Nainggolan MM:

Ny Ramlah Br Hutagalung Sosok Ibu Yang Teduh dan Tulus

* Fungsionaris, Pengelola dan Pegawai Universitas Sisingamangaraja XII Melayat ke Rumah Duka

394 view
Ny Ramlah Br Hutagalung Sosok Ibu Yang Teduh dan Tulus
Foto: Ist/harianSIB.com
Dr RE Nainggolan MM
Medan (SIB)
Dr RE Nainggolan MM, menyatakan sebagai warga masyarakat sangat berduka atas kembalinya almarhumah Ny DR GM Panggabean Ramlah Br Hutagalung (Op Raja Patuan Doli Boru) ,yang telah bersama dengan Tuhan. Kepada segenap keluarga agar tetap tabah dan dapat penghiburan dan senantiasa dilindungi Tuhan yang Maha Esa.
Hal itu diungkapkannya di sela-sela acara saur matua Ny DR GM Panggabean Ramlah Br Hutagalung (Op Raja Patuan Doli Boru) di Jalan Iskandar Muda Medan Senin (5/2).
Disebutkannya lagi, DR GM Panggabean adalah tokoh luar biasa yang legendaris di Sumatera Utara, yang pernah menjadi anggota MPR dan Pemimpin Umum salah satu surat kabar terkemuka di Indonesia dan telah banyak berkarya di Indonesia, apakah itu dengan berdirinya lembaga Sisingamangaraja XII, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (Unita) dan berbagai karya lainnya yang luar biasa.Dan apa yang telah dibuat DR GM Panggabean tidak boleh dilupakan bahwa semua itu banyak sekali peran dari ibu Ramlah Br Hutagalung.
Kata RE Nainggolan lagi, ia sangat kehilangan sosok ibu atas kepergian Ramlah Br Hutagalung, sebagai sosok ibu yang teduh, ibu yang sejuk dan senantiasa tulus dengan wajah yang lembut dan sangat baik. Pada sisi lain,ia sebagai keluarga sekaligus Tulang yang merupakan orang tua dari satu menantunya GM Windu Panggabean merasakan kesedihan yang sangat mendalam.
"Saya tadi sempat menangis di hadapan jenazah beliau,karena melihat sosok ibu yang benar-benar melaksanakan adat istiadat dengan baik," kata RE Nainggolan.
Ia berdoa,semoga anak anaknya mendapat berkat berlimpah-limpah dan tetap bersatu,seperti ungkapan Batak,
" Asa rap mangangkat tu ginjang, manimbung rap tu toru, sada pambahenan"
Dan nama besar DR GM Panggabean akan abadi,jika masa mendatang semua putra/putri bersatu dan menjadi contoh teladan di tengah-tengah masyarakat, katanya.
Ia juga berkeyakinan, Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) akan tetap berkibar dan semakin berkibar.
"Saya berkeyakinan, di tangan Immanuel sebagai Pemred,Chandra ,Netty, Tuti Rotua dan Intan tetap kompak bersatu padu memelihara harian yang kita cintai, yaitu harian SIB," tutupnya.
MELAYAT
Sementara itu, sebelumnya fungsionaris, pengelola serta pengawai Unita Siborong-borong datang melayat menyampaikan turut berbelangsungkawa atas meninggalnya Ny DR GM Panggabean, Ramlah Br Hutagalung di rumah duka, Minggu (4/2).
Dalam kegiatan tersebut, Dekan Fakultas Pertanian Unita Dr Ir Adriani Siahaan MP menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya Ny DR GM Panggabean Ramlah Br Hutagalung.
"Kami turut berduka cita atas meninggalnya ibu yang sangat kita cintai ini. Kiranya ibu ini Tuhan tempatkan di Sebelah Kanan Allah Bapa," ujarnya.
Adriani mengenang pesan Ibu Ramlah Br Hutagalung untuk terus menjaga Unita. "Saya terus mengingat pesan ibu, jaga inang Unita i (jaga terus Unita itu)," ucapnya sembari mengatakan, hal tersebut selalu diutarakan ibu Ramlah Br Hutagalung setiap bertemu.
Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Sahat Sitompul ST MT menyampaikan agar keluarga yang ditinggalkan tabah dan bersabar. "Kiranya lewat kepergian ibu ini, keluarga yang ditinggalkan bisa bersabar dan tabah. Semoga apa yang ibu ini cita-citakan di Unita bisa terus diteruskan dan semakin maju," tukasnya.
Selanjutnya Rektor Unita Dr Dra Meslin Silalahi MPd menyampaikan rasa kehilangan seorang ibu yang baik dan sabar.
"Kami merasa kehilangan dengan perginya ibu yang baik dan sabar ke pangkuan Bapa di Surga. Kiranya semua keinginan ibu Ramlah Br Hutagalung untuk kemajuan Unita dapat tercapai," ungkapnya sambil menyeka air mata.
Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan GM Immanuel Panggabean BBA menyampaikan rasa terima kasih atas kedatangan rektor, dekan, dosen dan pegawai Unita. "Terima kasih buat semua yang datang dari Unita yang turut berduka cita atas kepergian ibu yang penuh kasih dan sabar," ucapnya.
GM Immanuel Panggabean BBA meminta semua untuk terus mewujudkan keinginan ibu Ramlah Br Hutagalung untuk memajukan Unita.
"Jika fungsionaris serta pengelola universitas sudah mengerti maksud ibu dan bapak dulu mendirikan Unita tentunya semakin kecil ketergantungan ke Yayasan. Majukanlah Unita dengan hati yang penuh kasih. Karena dengan kasih dan kesabaran serta kerja sama semua itu dapat dicapai," ujar Immanuel mencontohkan ibu Ramlah Br Hutagalung yang penuh kasih dan kesabaran saat mendampingi DR GM Panggabean.
Immanuel Panggabean juga berharap dua program studi yang baru bisa segera terlaksana.
"Terima kasih juga buat dua program studi yang akan kita buka yaitu Pasca Sarjana (S2) dan PGSD. Kiranya segera bisa terlaksana," tutupnya. (**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com