Ogah Terburu-buru, Demokrat Rencana Umumkan Koalisi Awal 2023

* Satu Suara, Sekjen PDIP dan PAN Bantah Bahas Koalisi Sambil Bersepeda

215 view
Ogah Terburu-buru, Demokrat Rencana Umumkan Koalisi Awal 2023
Foto : Wilda Hayatun Nufus/detikcom
Diskusi acara Total Politik.

Jakarta (SIB)

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng mengatakan Partai Demokrat diperkirakan akan mengumumkan pembentukan koalisi Pemilu 2024 pada akhir tahun ini atau awal 2023 mendatang. Waktu tersebut dirasanya pas sesuai jadwal pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.


"Walaupun menurut saya, ya kita juga tidak usah terlalu terburu-buru, wong masih September 2023, pendaftarannya, ini masih 2022. Saya sih sebaiknya apakah akhir tahun atau awal tahun depan, tidak harus menunggu sampai hari-hari terakhir.


Walaupun presedennya di Indonesia ini, saat-saat terakhir baru bentuk koalisi koalisi tertentu," kata Andi Mallarangeng di acara Total Politik di Bangi Kopi, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (17/7).


Andi menerangkan sampai saat ini, partainya belum bicara lebih jauh soal capres dan cawapres yang akan diusung nantinya. Hal ini kata dia, tentu jauh berbeda dengan Partai NasDem yang sudah lebih dulu memutuskan untuk menawarkan tiga nama tokoh bakal capres 2024 yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa.


"Terutama juga kami belum bicara sosok orang, memang kalau NasDem sudah ada calon-calonnya, tapi kami dan PKS belum sampai pada tingkat orang. Kita bicara pada sisi kriteria, kriteria kompabilitas, kompatibel, elektabilitas bisa menang tidak," kata Andi.


Andi mengakui, Demokrat saat ini tengah dekat dengan Partai NasDem dan PKS. Namun, kata Andi, pihaknya tidak akan menutup kemungkinan untuk berkomunikasi dengan partai lainnya seperti partai yang tergabung dalam KIB, Partai Gerindra maupun dengan PDIP sekali pun.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com