PBI Sumut Terbentuk, Dukung Kebaya Didaftarkan di Unesco


270 view
Foto SIB/ Horas Pasaribu
FOTO BERSAMA: Pengurus Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) Sumatera Utara, foto bersama usai penetapan kepengurusan, Senin (13/4) di Jalan Amir Hamzah, Medan.
Medan (SIB)
Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) Sumut terbentuk, Senin (12/4) di Jalan Amir Hamzah Medan, Syahfitra Elisabet Tambunan dipercaya menjadi ketua. PBI Sumut terbentuk setelah kongres di Jakarta 5-6 April yang dilakukan lewat zoom meeting. Pada kongres itu, perwakilan Sumut yang hadir adalah Arnita Hutapea, dipimpin Ketua Umum Rahmi Hidayati, diikuti sejumlah provinsi lainnya.

Arnita Hutapea kepada wartawan mengatakan, hasil kongres tersebut menentukan satu hari menjadi hari kebaya di Indonesia. Kemudian membawa kebaya ke Unesco sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

“Kebaya harus segera didaftarkan ke Unesco, karena ada negara lain yang mengklaim itu adalah busana asli negara mereka. Budaya berkebaya harus kita lestarikan, diharapkan pemerintah segera menetapkan hari berkebaya nasional. Pada hari berkebaya nanti, semua perempuan Indonesia harus berkebaya baik di kantor maupun sekolah, tua dan muda, di kantor maupun sekolah,” terang Arnita.

Cara PBI Sumut untuk melestarikan kebaya ini akan dilakukan di ikon-ikon Kota Medan. Pengurus PBI akab foto berkebaya di kantor Pos Indonesia, di Masjid Raya, istana Maimun, di menara PDAM Tirtanadi dan rumah Tjong Afie Kesawan. Melalui kebaya, ikon-ikon Kota Medan akan ditampilkan ke Indonesia dan dunia. PBI Sumut juga akan mengadakan baksos tapi tetap dalam nuansa berkebaya.

Menurut Arnita, kebaya Indonesia yang direkomendasi oleh Dr Suciati dari ITB didaftarken ke Unesco ada empat jenis yakni kebaya Kutubaru (pakai bef), kebaya Kartini (kerah bentuk V), kebaya Krancang/Encim (berbordir) dan kebaya Noni (berenda). “Tidak semua kebaya yang akan didaftarkan ke Unesco, keempat jenis kebaya inilah yang direkomendasikan,” tuturnya.

Berikut susunan kepengurusan PBI Sumut. Ketua Syahfitra Elisabet Tambunan, Wakil Ketua Dr Louche Nababan, Seketaris Siska Munthe, Wakil Seketaris: Lina Simatupang, Tamara Sibarani. Bendahara Netty Simbolon, Wakil bendahara Lina Simatupang. Bidang budaya art fashion Dr Ritha Oni Hutajulu, Cici Tjong A Fie, Lina Damanik, Inging. Bidang Kesehatan: dr Merry, dr Widya, bidang Humas: Corry Munthe. (A8/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com