PGI Imbau Gereja Dukung Pelaksanaan Vaksinasi Corona oleh Pemerintah


308 view
PGI Imbau Gereja Dukung Pelaksanaan Vaksinasi Corona oleh Pemerintah
dok. Istimewa
Foto: Ketua PGI Gomar Gultom
Jakarta (SIB)
Pemerintah Indonesia tahap demi tahap menanggulangi virus Corona (Covid-19) melalui vaksinasi. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) mengimbau gereja-gereja di Indonesia mendukung pelaksanaan vaksinasi Corona tersebut.

"Menyikapi upaya penanggulangan Covid-19 melalui pengadaan vaksin dan rencana vaksinasi oleh pemerintah, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) mengimbau gereja-gereja untuk memberikan dukungan optimal bagi pelaksanaannya. Tentunya dukungan ini diberikan dengan tetap memperhatikan penerapan persyaratan minimal bagi upaya vaksinasi, termasuk batasan usia yang disyaratkan," kata Ketum PGI, Pendeta Gomar Gultom dalam keterangannya, Selasa (5/1).

Selain itu, PGI meminta pemerintah meningkatkan edukasi dan literasi bagi masyarakat luas melalui berbagai medium terkait vaksinasi Corona. Gereja-gereja di Indonesia pun dapat berperan dengan berkoordinasi dengan pemerintah.

“Edukasi publik yang diharapkan menyangkut distribusi vaksin, pelaksanaan vaksinasi, efektivitas vaksinasi, termasuk kemungkinan kontra indikasi dan penanganannya yang telah dipersiapkan. Kepada gereja-gereja disarankan untuk berkoordinasi dengan pemerintah dan instansi teknis yang bertanggungjawab untuk melaksanakan vaksinasi di wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Pada perkembangannya, beredar informasi yang meragukan soal vaksinasi Corona ini di tengah masyarakat. Dari hal itu, PGI berharap elemen masyarakat dapat mengklarifikasi ke pemerintah melalui saluran resmi.

"Tak dapat disangkali berkembangnya berbagai rumor saat ini yang meragukan efektivitas tindakan vaksinasi. Hal ini seharusnya memantik sikap kritis kita untuk melakukan klarifikasi pada saluran-saluran resmi pemerintahan dan instansi teknis terkait, dan tidak mengembangkan kekhawatiran tanpa verifikasi informasi yang jelas," ucapnya.

Rencananya, Presiden Jokowi serta sejumlah tenaga kesehatan akan menjadi pihak pertama yang disuntik vaksin Corona, Menurut PGI, langkah tersebut sebagai upaya pemerintah untuk membangun rasa percaya masyarakat.

"Kesediaan Presiden Joko Widodo serta para tenaga medis untuk menjadi pihak pertama yang menerima tindakan vaksinasi patutlah dilihat sebagai upaya membangun kepercayaan publik dalam pelaksanaan vaksinasi secara luas," imbuhnya.

Sebelumnya, vaksin Corona Sinovac tiba di Indonesia pada awal Desember lalu. Pemerintah mulai mendistribusikan vaksin Corona itu ke sejumlah daerah di Indonesia. (detikcom/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com