Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi :

PKB Mati Dua Tahun, Kendaraan Dianggap Bodong

* Gubernur Edy: Dari 7 Juta Kendaraan di Sumut, Hanya 30 % Patuh Bayar Pajak

253 view
PKB Mati Dua Tahun, Kendaraan Dianggap Bodong
(Foto: Dok/Diskominfo Sumut)
KUNKER: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi foto bersama pada acara silaturahmi dan Kunjungan Kerja Samsat Nasional di Sumut dalam rangka upaya peningkatan kedisiplinan serta kepatuhan masyarakat dalam melakukan identifikasi dan registrasi kendaraan bermotor, PKB dan SWDKLLJ di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman Medan, Selasa (9/8).

Medan (SIB)

Pemberlakuan penghapusan data kendaraan jika tidak bayar pajak selama dua tahun akan segera diberlakukan.

Hal itu disampaikan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi usai pembukaan Sosialisasi Penerapan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (9/8).

"Pemilik kendaraan bermotor tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya dua tahun setelah habis masa berlaku STNK, dianggap bodong,” kata Firman

Firman menegaskan, selain dianggap bodong, konsekuensi dari tidak bayar PKB minimal dua tahun, kendaraan bermotor tidak dapat diregistrasi kembali.

“Dua tahun tidak bayar Pajak Kederaan Bermotor (PKB) dihapus, jadi tidak bisa lagi diperpanjang, tidak bisa lagi diurus,” ucapnya.

Selanjutnya Firman mengatakan, mengacu kepada pasal 74 ayat 3 yang berbunyi kendaraan bermotor yang telah dihapus sebagaimana dimaksud pada ayat 1, tidak dapat diregistrasi kembali.

“Harapan kita, 2023 awal di akhir Desember ini kita sudah bisa melaksanakan. Kita meminta bantuan gubernur, bupati dan wali kota untuk penerapan kebijakan itu,” harapnya.

Ia mengimbau masyarakat agar segera melunasi PKB agar terhindar dari sanksi yang diberlakukan.

“Yang belum bayar pajak, sekarang masih ada kesempatan, dilaporkan kendaraannya, dengan itikad baik, niat, sekali lagi untuk membangun negeri,” tutupnya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com