PSG Tahan Newcastle, Gol Penalti Menit Akhir Mbappe Jadi Penyelamat

* Man City Menang Beruntun, Haaland Cetak Rekor 40 Gol Tercepat

6.518 view
PSG Tahan Newcastle, Gol Penalti Menit Akhir Mbappe Jadi Penyelamat
Foto Getty Images
PENALTI: Pemain PSG, Kylian Mbappe mencetak gol penalti sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lawan Newcastle pada pertandingan Grup F Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Rabu (29/11). 
Jakarta (SIB)
Eksekusi tendangan penalti Kylian Mbappe menyelamatkan Paris Saint-Germain (PSG) dari kekalahan ketika menjamu Newcastle. Skor akhir 1-1 menjadi penutup laga pada pertandingan Grup F Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Rabu (29/11).
Pada laga ini, PSG mendominasi penguasaan bola. Namun, Newcastle mampu keluar dari tekanan untuk menciptakan peluang berbahaya.
Newcastle unggul lebih dulu di menit ke-25. Isak membuka skor dari sebuah serangan kolektif. Newcastle dengan sabar mengalirkan bola di luar pelati PSG. Valentino Livramento meliuk-liuk sebelum mengirim operan yang diteruskan Miguel Almiron dengan tembakan ke tiang jauh.
Gianluigi Donnarumma berhasil menepis, tapi bola rebound langsung disontek Isak ke sudut atas gawang PSG. Newcastle memimpin 1-0.
PSG merespons tujuh menit berselang. Tusukan Ousmane Dembele diakhri dengan tembakan mendatar ke sudut bawah gawang. Pope melakukan penyelamatan gemilang.
PSS terus menggempur pertahanan Newcastle. Namun, Newcastle bertahan dengan solid untuk menggagalkan serangan-serangan PSG.
Pada lima menit terakhir, Mbappe menebar ancaman setelah tembakannya diblok Pope, lalu mencecar bola rebound tapi tendangan keduanya melebar.
Pada injury time, Hakimi melepaskan umpan silang kepada Barcola di dekat tiang gawang. Sayangnya, tendangan volinya masih melayang.
PSG mengklaim penalti setelah handball Livramento. Setelah melakukan pemeriksaan dengan VAR, wasit menghadiahi tendangan 12 pas kepada PSG.
Mbappe maju sebagai algojo, lalu menyarangkan bola ke tengah gawang Newcastle. Laga selesai dengan skor 1-1.
Hasil imbang ini, PSG masih tertahan di peringkat kedua klasemen sementara Grup F dengan tujuh poin dari lima pertandingan, sedangkan Newcastle membayangi di posisi ketiga dengan lima poin.
Dortmund menempati peringkat pertama dengan koleksi poin 10 poin serta sudah memastikan satu tiket ke babak 16 besar. Sementara itu AC Milan kini menempati peringkat keempat klasemen dengan 5 poin. Satu tiket tersisa akan ditentukan di laga terakhir fase grup pada 13 Desember mendatang.
MENANG BERUNTUN
Mesin gol Manchester City Erling Haaland terus mengukir rekor. Haaland kini menjadi pemain tercepat yang mencapai 40 gol di Liga Champions.
Pencapaian itu dicatatkan Haaland dalam comeback Man City saat mengalahkan RB Leipzig 3-2 matchday kelima, Rabu (29/11) dinihari WIB. Bertanding di Stadion Etihad, penyerang muda Norwegia itu menyumbang satu gol yang terlahir selepas turun minum.
Gol Haaland itu menipiskan ketinggalan the Citizens usai dijebol Lois Openda dua kali di babak pertama. Man City melanjutkan momentum positifnya dengan mencetak dua gol tambahan dari Phil Foden dan Julian Alvarez untuk meneruskan laju 100 pesen. Man City pun menang 5 kali beruntun di fase grup awal.
Bagi Erling Haaland, golnya ke gawang Leipzig adalah yang ke-40 di dalam kariernya di kompetisi ini. Haaland membuatnya hanya setelah 35 penampilan, mematahkan rekor sebelumnya yang dibukukan legenda sepak bola Belanda Ruud van Nistelrooy (45 laga).
Sebanyak 17 gol disumbangkan Haaland untuk Manchester City dalam 16 penampilan. Lalu 15 gol lain dibuat penyerang berusia 23 tahun itu untuk Borussia Dortmund dalam 13 pertandingan. Sedangkan sisanya delapan gol dicetak Haaland untuk RB Salzburg dalam enam laga saja.
Haaland melebihi mencapaian nama-nama top seperti Lionel Messi, Robert Lewandowski, dan Kylian Mbappe. Soalnya Messi dan Lewandowski baru mencapai 40 gol di Liga Champions di pertandingan ke-61, sedangkan Mbappe mencapainya dalam 59 penampilan.
Gol ini turut menandai bahwa Erling Haaland berarti sudah mengemas 19 gol dalam 20 pertandingan untuk Manchester City di seluruh kompetisi 2023/24. Haaland sudah membukukan lima gol di Liga Champions, dan akan mencoba menajamkan torehannya itu saat Man City melawan ke Red Star Belgrade di matchday terakhir.
Hasil Pertandingan:
Feyenoord 1 - 3 Atletico Madrid
Lazio 2 - 0 Celtic
AC Milan 1 - 3 Borussia Dortmund
PSG 1 - 1 Newcastle
Manchester City 3 - 2 RB Leipzig
Young Boys 2 - 0 FK Crvena Zvezda
Barcelona 2 - 1 FC Porto
Shakhtar Donetsk 1 - 0 Royal Antwerp. (detiksport/CNN/d)



Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com