Panglima Minta Seluruh Pesawat TNI Dievaluasi


193 view
Panglima Minta Seluruh Pesawat TNI Dievaluasi
(Nahda/detikcom)
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. 

Jakarta (SIB)

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meminta jajarannya segera mengevaluasi seluruh pesawat milik TNI.


Hal ini bertujuan untuk mencegah terulangnya peristiwa kecelakaan pesawat, seperti jatuhnya pesawat latih TNI Angkatan Laut jenis Bonanza G-36 T-2503 di Selat Madura.


"Evaluasi harus, untuk meminimalkan semaksimal mungkin kecelakaan," kata Panglima TNI dilansir Antara, Senin (12/9).


Andika mengatakan, TNI juga akan bekerja sama dengan Komite Nasional Kecelakaan Tranportasi (KNKT) dalam melakukan setiap investigasi mengenai kecelakaan pesawat agar hasil investigasi tersebut transparan.


"Kami akan transparan. Sejak insiden jatuhnya pesawat T-50i Angkatan Udara (AU) yang lalu, belum lama di sekitar Iswahjudi Madiun dan sekarang juga, pesawat Bonanza, kami melibatkan KNKT supaya juga transparan," kata Andika.


Sebelumnya, sebuah pesawat udara latih jenis G-36 Bonanza T-2503 milik TNI AL mengalami kecelakaan dan jatuh di alur pelayaran barat Surabaya (APBS), Jawa Timur, Rabu (7/9).


"Pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat melaksanakan latihan dengan KRI-KRI di jajaran Koarmada II," kata Kepala Dinas Penerangan Koarmada II Letkol Asep Aryansyah melalui keterangan tertulisnya di Surabaya.


Menurut Letkol Asep, penyebab jatuhnya pesawat T-2503 itu hingga saat ini belum diketahui.


Dua penerbang pesawat latih itu meninggal dunia akibat peristiwa ini. Dua penerbang tersebut adalah Kapten Laut (Anumerta) Yudistira Eka Permadi dan kopilot Letnan Satu Laut (Anumerta) Dendy Kresna Bhakti. (detikcom/f)




Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com