Panglima TNI dan Kapolri Buka Latsitarda Nusantara XLI di Belawan


232 view
(Foto SIB/Dispen Lantamal I)
PERIKSA PASUKAN: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan pemeriksaan pasukan pada acara pembukaan Latsitarda Nusantara di Dermaga Mako Lantamal I Belawan, Rabu (7/4).
Medan (SIB)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi pelaksanaan Drive-thru Vaksinasi Covid-19 yang digelar Pemko Medan di Landasan Udara (Lanud) Soewondo ex Bandara Polonia Medan. Menurut keduanya, progam pelaksanaan vaksinasi massal dengan strategi drive-thru tersebut dapat dijadikan sebagai contoh bagi daerah lain di Indonesia.

Apresiasi itu diungkapkan Panglima TNI dan Kapolri usai meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi drive-thru di Lanud Soewondo Medan, Rabu (7/4). Turut serta mendampingi keduanya saat melakukan peninjauan, Gubsu Edy Rahmayadi, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM, bersama unsur Forkopimda Sumut dan Medan.

Dikatakan Panglima TNI, apresiasi disampaikan karena pihaknya menilai vaksinasi drive-thru yang dilaksanakan Pemko Medan itu telah berjalan dengan baik dan lancar, sehingga dapat menjadi contoh dan juga dilaksanakan di daerah-daerah lain. Diharapkan, vaksinasi dengan strategi drive thru itu dapat berjalan sukses, sehingga mendukung pencapaian target vaksinasi secara nasional yang diprogramkan pemerintah.

"Semoga target vaksinasi nasional dapat tercapai, sehingga tercipta imun tubuh yang kuat secara massal. Namun begitu, masyarakat yang telah divaksin harus tetap disiplin memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dalam kehidupan sehari-hari," imbaunya.

Mengaku turut memberikan apresiasi yang sama, Kapolri menilai strategi drive-thru sangat efektif untuk mendekatkan program vaksinasi tersebut kepada masyarakat Kota Medan. Kemudahan prosedur mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan vaksinasi, katanya, sangat efektif menambah animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi tersebut.

“Apalagi tadi kita tanya secara langsung, masyarakat mengaku proses pendaftaran cukup mudah dan semuanya terlayani secara baik. Dengan target 1.000 warga divaksin dalam sehari, saya yakin vaksinasi massal dalam rangka membentuk herd immunity di wilayah Medan pasti tercapai," jelasnya.

Sementara, Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution SE MM mengapresiasi kolaborasi serta kerjasama dari pihak Halodoc dan Lanus Soewondo, sehingga program Drive-Thru Vaksinasi Covid-19 tersebut dapat berjalan dengan lancar. Diungkapkan, vaksinasi drive-thru dijadwalkan digelar selama 1 bulan dengan target 1.000 warga divaksinasi setiap hari. Tapi bila animo masyarakat masih tinggi, katanya, tak tertutup kemungkinan vaksinasi drive-thru itu terus dilaksanakan demi mendukung program nasional dengan tercapainya 75 persen kekebalan massa.

"Sampai saat ini, vaksinasi drive-thru diperuntukkan bagi Lansia dan pendamping. Tapi ke depannya kita buka untuk pelayanan publik dan masyarakat. Silahkan mendaftar melalui aplikasi Halodoc atau Dinas Kesehatan Kota Medan," sebutnya.

Dijelaskan, vaksinasi massal tersebut merupakan bagian dari salah satu program prioritas Pemko Medan tentang penanganan Covid-19. Menurutnya, keberhasilan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan akan selaras dengan pulihnya pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya, CEO dan Co Founder Halodoc Jonathan Sudharta mengaku bersyukur dengan terlaksananya Drive Thru Vaksinasi Covid-19 yang dianggap terbesar, bila dibanding kegiatan serupa yang juga digelar di 5 kota lain. Selain antusias wali kota yang bergerak cepat merealisasikan kegiatan itu, jelasnya, vaksinasi tersebut berjalan sukses karena didukung tingginya animo warga Kota Medan.

"Animo masyarakat cukup tinggi. Hari pertama ini saja, sudah 3.000 warga mendaftar untuk divaksin. Sejak pagi warga mengikuti vaksinasi dengan mengendarai sepedamotor dan mobil. Mereka terlihat sabar mengantri dan mengikuti seluruh tahapan vaksinasi dengan bantuan petugas. Pelayanan vaksinasi drive-thru ini diberikan kepada masyarakat Lansia dengan KTP Kota Medan, tanpa dipungut biaya," paparnya.

Apresiasi
Sementara itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga mengapresiasi aksinasi drive-thru tersebut.

Diharapkan inovasi atau ide kreatif terus dilakukan dalam penanganan Covid-19 di Sumut. “Kita harap, inovasi dalam penanganan Covid-19, mudah-mudahan dengan inovasi, kita bisa memutus rantai penularan Covid-19 di Sumut,” katanya.

Gubernur juga mengingatkan orang yang divaksin harus tetap wajib menjalankan protokol kesehatan. Di antaranya memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. “Walaupun sudah divaksin, protokol kesehatan tetap dijalankan,” pesannya. (Rel/ A16/A13/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com