Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Panglima dan Tiga Kepala Staf TNI Resmikan Gedung Baru Polda Papua, Kapolri: Sinergitas Makin Kokoh

Redaksi - Senin, 09 Januari 2023 11:26 WIB
355 view
Panglima dan Tiga Kepala Staf TNI Resmikan Gedung Baru Polda Papua, Kapolri: Sinergitas Makin Kokoh
Foto: Ist/harianSIB.com
Prosesi gunting pita oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.
Papua (SIB)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama seluruh Kepala Staf TNI AD, AL dan AU meresmikan gedung baru Polda Papua.

Sigit mengatakan, ini adalah bukti nyata sinergitas TNI-Polri makin kokoh.

"Tentunya juga berbeda dari biasa dan ini mungkin karena pak Kapolda dan seluruh anggota berdoa luar biasa, jadi hari ini khusus Polda Papua yang resmikan Panglima, Kapolri ditambah disaksikan tiga Kepala Staf. Luar biasa ini di tempat lain belum ada. Jadi ini hadiah buat seluruh anggota dan masyarakat Papua tentunya, hadiah Hari Natal dan Tahun Baru," kata Sigit.

Pernyataan tersebut disampaikan Sigit dalam sambutannya di acara peresmian Mako Polda Papua baru di Koya Tengah, Jayapura, Papua, Minggu (8/1).

Sigit menegaskan, peresmian bersama Panglima dan Kepala Staf ini, bukti nyata dari terjalin dan terwujudnya sinergisitas TNI-Polri yang makin hari makin berjalan maksimal dan baik.

"Tentunya ini menjadi kunci dan contoh sinergitas dan soliditas utamanya TNI-Polri ini semakin hari makin kokoh dan ini dibuktikan dengan kegiatan pada hari ini," ujar Sigit.

Oleh karena itu, Sigit menginstruksikan kepada Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri agar dapat mengimplementasikan sinergitas dan soliditas TNI-Polri kepada seluruh personel.

Dengan kokohnya sinergitas dan soliditas TNI-Polri, menurut Sigit, masyarakat akan merasa nyaman dan aman.

Serta, terjaganya stabilitas politik dan keamanan yang berjalan baik sehingga terwujudnya kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan investasi.

"Semuanya dalam kondisi solid untuk mengawal dan menjaga apa yang menjadi program kebijakan pusat maupun daerah. Terus tingkatkan kualitas, soliditas dan sinergitas TNI-Polri menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan menjaga keamanan dan juga membuat seluruh masyarakat aman dan nyaman," ucap Sigit.

Di sisi lain, Sigit menyatakan, dengan dibangunnya Gedung Polda Papua di lokasi yang baru, juga bisa dapat mewujudkan program Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan mendorong pembangunan infrastruktur khususnya di wilayah Indonesia Timur.

"Kita harapkan sejalan dengan apa yang menjadi kebijakan Pak Presiden. Bahwa tanah Papua harus maju seperti daerah lain, di Indonesia. Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi. Ini saya mengulang apa yang disampaikan Pak Presiden. Karena itu saya selalu mendorong pembangunan infrastruktur khususnya di bagian wilayah Indonesia timur untuk dipercepat dan tentu saja nanti secara paralel dengan pembangunan sumber daya manusia yang juga ingin kita kerjakan," papar Sigit.

Karena itu, Sigit menyebut bahwa, Kapolda Papua harus mampu menyiapkan program-program yang baru terutama untuk meningkatkan aktivitas masyarakat yang bisa mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi baru untuk masyarakat Papua.

Mengingat, kata Sigit, Presiden Jokowi terus berkonsentrasi untuk meningkatkan perekonomian dan pembangunan di tanah Papua.

Salah satu contoh suksesnya adalah, tergelarnya Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua.

"Ini juga kami sampaikan Pak Presiden, Pemerintah Pusat terus menerus menggenjot program terkait tanah Papua.
Beberapa waktu lalu semenjak beliau dilantik sebagai Presiden, berapa kali melaksanakan kunjungan untuk membangun wilayah Papua. Dan di tengah kesulitan yang ada pada saat itu, Indonesia bisa menggelar PON dan dilaksanakan di tanah Papua," tutur Sigit. (detikcom/d)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pangkoarmada III-Kapolda Papua Barat Janji Tindak Personel Terlibat Bentrok
Kapolri Pastikan Semua Pihak Bersinergi Layani Arus Balik Lebaran
Pastikan Keamanan Arus Balik Lebaran, Kapolri Patroli Udara Jalur Tol
Kapolri Pastikan Beri Pelayanan Terbaik bagi Keluarga Korban Kecelakaan Tol Cikampek
Kapolri Harap Mudik 2024 Lancar, Imbau Pemudik Berangkat Lebih Awal
Komnas HAM Desak Polda Papua Tindak Tegas Pelaku Penembakan di Paniai
komentar
beritaTerbaru