Untuk Gaungkan Pesan ke Presiden Jokowi

Panitia Protap Siapkan Peringatan 20 Tahun Perjuangan Provinsi Tapanuli


1.092 view
Panitia Protap Siapkan Peringatan 20 Tahun Perjuangan Provinsi Tapanuli
Foto SIB: dok P4T
PROTAP: Panitia Protap (Pemrakarsa dan Pembentukan Provinsi Tapanuli) foto bersama usai diskusi rencana Peringatan 20 Tahun Perjuangan Provinsi Tapanuli, di aula resto The Traders Jalan Pattimura Medan Sabtu (12/3). Tampak Ketua P4T, GM Chandra Panggabean, Sabar Ganda Sitorus (Putra Sutan Raja DL Sitorus), Sekjen Hasudungan Butar-butar MSi, Korlap Gelmok Samosir, Bendahara Nurdin Manurung dan Humas, Ads Franse Sihombing. 

Medan (SIB)

Barisan masyarakat Batak di Sumatera Utara yang terhimpun dalam Panitia Pemrakarsa Pembentukan Provinsi Tapanuli (P4T, selama ini disebut Panitia Protap) akan menggelar temu silaturahmi sebagai forum peringatan 20 tahun perjuangan perwujudan Provinsi Tapanuli (sejak 2002) dalam pemekaran daerah Sumatera Utara.


Ketua Panita Protap (P4T, berpusat dan kedudukan di Medan--Sumut), Ir GM Chandra Panggabean, menyatakan gerakan perjuangan untuk mencapai realisasi Provinsi Tapanuli, sesungguhnya tidak pernah berhenti atau terhenti baik di kalangan pendukung atau simpatisan yang di Medan-Sumut, maupun yang di Jakarta sekitarnya (luar Sumut) serta yang di wilayah Tapanuli (Taput, Toba, Samosir, Humbang Hasundutan, Tapteng dan Sibolga).


"Adanya gerakan baru para pendukung Provinsi Tapanuli yang di Jakarta baru-baru ini, pada dasarnya kita sambut baik kalau memang murni untuk perjuangan terwujudnya Provinsi Tapanuli karena sebagian personilnya memang orang-orang lama di barisan dan kepanitiaan kita. Tentu hal ini merupakan bentuk respon dan respek lanjut dari gerakan dan perjuangan oleh barisan panitia yang eksis (di Medan) selama ini. Semua atensi dan kerinduan ini akan kita padukan nanti dalam gelaran forum Peringatan 20 Tahun Perjuangan Provinsi Tapanuli dalam waktu dekat ini," katanya kepada pers di Medan, Sabtu (12/3).


Dia mencetuskan hal itu usai rapat kecil pengurus inti Panitia Protap (P4T) Pusat di aula resto The Traders Jalan Pattimura Medan. Bersama GM Chandra, hadir Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ir Hasudungan Butar-butar MSi, Bendahara Drs Nurdin Pustaha Manurung, Ketua Korlap Gelmok Samosir SH MH, Drs Sabar Ganda Sitorus, dan Drs Ads Franse Sihombing (Humas).


Selain paparan rencana jadwal, bentuk acara dan item kerja jelang forum Peringatan 20 Tahun Perjuangan Provinsi Tapanuli sebagai 'gaung pesan kerinduan' warga calon Provinsi Tapanuli kepada Presiden Jokowi, pertemuan rutin (bulanan) sesuai standar Prokes Covid itu juga menyikapi dan bahas adanya wacana dan rencana kunjungan beberapa pendukung Protap dari kalangan tokoh masyarakat Batak (juga tokoh politisi) dari Jakarta, kepada pihak panitia Protap atau P4T Pusat yang berpusat di Medan.


Barisan pendukung Protap yang di Jakarta tersebut, baru-baru ini membentuk forum jajak ulang perjuangan Provinsi Tapanuli, berupa grup WA-FGD mulai 12 Februari lalu. Diskusi rutin (2-3 kali seminggu) dengan komunikasi virtual (zoom meeting) dengan nama Presidum Percepatan Perwujudan Provinsi Tapanuli (P4T--juga), saat ini telah mencapai tahap tiga item: (1). Proses pendaftaran ke notaris untuk pembentukan badan hukum Presidium berupa yayasan. (2). Usulan penetapan personil tetap dalam struktur kepengurusan yang masih terkendala rekomendasi dan rekonfirmasi personal (PIC), (3). Upaya dan rencana audiensi kepada pihak panitia lama (utama) yang dipimpin GM Chandra Panggabean, dan (4) Pembentuan tim (masih terkendala) untuk telusur reverifkasi dan revalidasi data atau dokumen proposal Protap.


"Pasca adanya kebijakan moratorium daerah otonomi baru (DOB) di masa Presiden SBY (pada 2009), seperti yang diungkap politisi senior Partai Golkar Ir Leo Nababan baru-baru ini, kita di kepanitiaan Protap ini memang harus tenang-tenang saja dulu sambil terus berdoa karena memang tak ada yang bisa dikerjakan dalam bentuk aksi birokratis atau eksekusi politis selama masa moratorium. Kita panitia pun bukannya berdiam diri selama ini, kita terus menggalang dan jalin komunikasi ke semua pihak walau tidak terpublikasi," ujar Sekjen Hasudungan Butar-butar optimis.


Hal senada juga dicetuskan Gelmok Samosir sembari memaparkan dan menunjukkan sejumlah dokumentasi audiensi dan kordinasi Panitia Protap (P4T) selama ini, baik di kalangan sesama panitia maupun dengan para simpatisan dan pendukung di Medan hingga ke seluruh wilayah Tapanuli. Misal dengan barisan Juhal Siahaan di Tapanuli Utara, Tomas Tampubolon di Toba.


Dia juga menegaskan, semua unsur panitia lama yang eksis hingga kini masih konsern dan komit dalam perjuangan realisasi Provinsi Tapanuli karena perjuangan itu memang konstitusional. Soal kondisi terkini, Gelmok menilai siapapun warga, tokoh masyarakat di daerah (Sumut-Tapanuli) maupun yang di perantauan seperti Jakarta atau di luar negeri, berhak berjuang dan mendukung pembentukan Provinsi Tapanuli, termasuk dalam forum Peringatan 20 Tahun Perjuangan Provinsi Tapanuli dalam waktu dekat ini.


"Kita juga ingin perkuat solidaritas dan komitmen agar jangan sempat bergeser apalagi lari dari koridor perjuangan panitia (P4T) yang lama dan eksis ini. Sehingga,spirit tidak akan pudar dan gerakan tidak akan melemah. Oleh karenanya, semua pihak jika betul-betul mendukung Protap, harusnya saling dukung tanpa harus membentuk panitia baru," katanya serius.


Sembari memastikan para personil panitia di P4T masih tetap solid dan kompak, berkas dan dokumen masih tetap utuh dan valid. Bahkan, semua berkas yang ada saat ini adalah dokumen lengkap yang diperoleh total sebagai hasil karya dan jerih lelah pihak Panitia Protap (P4T) yang dipimpin Ir GM Chandra Panggabean (ketua), Ir Hasudungan Butar Butar MSi (sekretaris) dan Drs NP Manurung (Bendahara) beserta para dewan pembina serta jajaran panitia lainnya seperti Jumongkas Hutagaol, Drs Burhanuddin Rajagukguk atau lainnya yang di Jakarta. (A5/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com