Diresmikan Ketua Umum Airlangga Hartarto

Partai Golkar Sumut Gotong Royong Biayai Bedah Rumah Warga Miskin di Pantai Labu

* Gubernur Sumut: Baru Partai Golkar yang Melakukannya

108 view
Partai Golkar Sumut Gotong Royong Biayai Bedah Rumah Warga Miskin di Pantai Labu
(Foto SIB/ Horas Pasaribu)
GUNTING PITA:  Ketua Umum DPP P Golkar Airlangga Hartarto didampingi Ketua DPD I P Golkar Sumut Musa Rajekshah menggunting peresmian pemakaian rumah hasil bedah rumah P Golkar, Kamis (9/9) di Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang. Tampak menyaksikan Sekjen DPP P Golkar Lodewijk F Paulus, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Dewan Pertimbangan P Golkar Sumut Sanggam SH Bakara, Ketua DPD II P Golkar Medan Syaf Lubis dan lainnya. 
Deliserdang (SIB)
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam kunjungan kerjanya ke Sumut, meresmikan penempatan rumah sederhana hasil bedah rumah bagi warga miskin oleh partai Golkar, Kamis (9/9) di Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang. Program ini sudah selesai berupa 24 rumah di Sumut, Deliserdang 5 unit, Serdang Bedagai 4, Batubara 8, Tapteng 4 dan Sibolga ada 3 rumah.

Peresmian rumah bedah ditandai dengan pengguntingan pita dan penyerahan kunci kepada pemiliknya. Airlangga Hartarto yang juga Menko Perekonomian RI ini mengapresiasi program DPD I P Golkar Sumut yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama menjadikan rumah-rumah yang tidak layak menjadi layak huni.

“Pemerintah mempunyai program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PERA), anggota Fraksi Golkar yang ada di Komisi 5 DPR RI juga didorong untuk melakukan itu. Tapi yang dilakukan Golkar Sumut perlu diapresiasi, karena dilakukan secara swakelola, tidak menggunakan anggaran negara,” kata Airlangga.

Dikatakannya, program bedah rumah tersebut membuat masyarakat terharu karena yang dibangun ada beberapa unit rumah. Karena rumah mereka tidak layak huni, berkat program bedah rumah Partai Golkar warga miskin sangat terbantu.

Turut hadir, Sekjen DPP P Golkar Lodewijk F Paulus, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumut yang juga Ketua DPD I P Golkar Sumut Musa Rajekshah, Ketua Komisi I Meutya Hafid, anggota Fraksi P Golkar DPR RI Nurul Arifin, Wakil Ketua DPRD Sumut dari P Golkar Irham Buana Nasution, Dewan Pertimbangan P Golkar Sumut Sanggam SH Bakara dan sejumlah pengurus lainnya.

Musa Rajekshah kepada wartawan mengakui kalau bedah rumah ini merupakan program pemerintah, khususnya pemerintah daerah. Tapi P Golkar tidak bisa menunggu, padahal rakyat sangat membutuhkan. Hati Golkar tergerak tanpa harus menunggu program pemerintah. Selagi Golkar mampu, pribadi-pribadi mengumpulkan uang secara gotong royong.

“Golkar mau mandiri, tidak mengharapkan pemerintah, walaupun saya duduk di dalam pemerintahan, tapi saya tidak mau memanfaatkan fasilitas pemerintah, karena ini adalah organisasi partai. Anggaran 1 rumah yang dibedah sebesar Rp 25 sampai Rp 30 juta, ketentuannya tanah milik sendiri, tanpa melihat alas haknya surat Kepala Desa atau Camat. Setelah ini kami akan mensertifikatkan rumah tersebut dengan menggandeng BPN,” terang Musa Rajeksah.

Menurut dia, kehadiran P Golkar harus bisa dirasakan masyarakat, kehadiran para pengurus yang berkemampuan harus bersosial. Kegiatan rutin P Golkar adalah pembagian sembako dan nasi bungkus, dengan memborong nasi dari warung-warung milik rakyat.

Untuk bedah rumah tahun ini ditargetkan 70 unit rumah yang akan dibedah. Untuk selanjutnya, program ini akan menjangkau Kepulauan Nias, Tanjung Balai dan Taput. Ketua-Ketua DPD II P Golkar di kabupaten/kota sudah diperintahkan untuk mengurus sertifikat tanah rumah yang dibedah lewat program sertifikat gratis.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, kehadiran Airlangga Hartarto di Sumut sebagai Menko Perekonomian juga memberi banyak bantuan ke Sumut seperti KUR kepada pelaku UMKM. Banyak bantuan-bantuan pemerintah untuk program kerakyatan secarfa langsung sehingga pertumbuhan ekonomi harus jelas.

“Ada peluang-peluang usaha program dari kementerian yang merupakan tupoksi dari Kemenko Perekonomian. Inilah yang kita harapkan jadi peluang masyarakat Sumut. Ada lagi bedah rumah yang tujuannya memotivasi rakyat, saya tidak memandang beliau itu sebagai Menteri atau ketua partai, tapi. Tapi yang dibantu adalah rakyat saya, makanya saya apresiasi. Baru P Golkarlah yang melakukan bedah rumah, kita melihat positifnya, jangan lihat yang lain-lain,” ucap Gubernur Edy.

Dewan Pertimbangan P Golkar Sumut Sanggam SH Bakara juga ikut mengapresiasi program bedah rumah oleh P Golkar. Sejak Musa Rajekshah memimpin Golkar Sumut banyak terobosan baru yang dilakukan untuk kesejahteraan rakyat. “Saya melihat jiwa sosial H Anif (almarhum) ayahandanya Musa Rajekshah membuat Wagub Sumut ini juga memiliki jiwa sosial tinggi kepada masyarakat kurang mampu,” ungkap Sanggam.(A8/d)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com