Usai Akad Nikah

Pasangan Pengantin Nyanyikan Lagu Garuda Pancasila dan Baca Teks Pancasila


283 view
Pasangan Pengantin Nyanyikan Lagu Garuda Pancasila dan Baca Teks Pancasila
(Foto: Hendri Utomo/Radar Jogja)
UNIK: Pasangan Rian Setiawan dan Dewi Puji Lestari menyanyikan lagu Garuda Pancasila dan menanam pohon usai akad nikah bertepatan di momen Hari Pahlawan, di Panjatan, Kulonprogo, Kamis (10/11).

Yogyakarta (SIB)

Prosesi pernikahan pasangan Rian Setiawan (23) dan Dewi Puji Lestari (22), warga Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo berlangsung unik, Kamis (10/11).


Bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan, kedua mempelai menyanyikan lagu nasional dan membacakan teks Pancasila.


Usai akad nikah yang dilaksanakan di kediaman mempelai perempuan, penghulu meminta Rian menyanyikan lagu Garuda Pancasila, sementara Dewi diminta membaca teks Pancasila.


Hal ini pun disambut riuh seluruh tamu undangan yang hadir. Pernikahan unik ini diprakarsai Kantor Urusan Agama (KUA) Panjatan.


“Ya untuk memupuk semangat nasionalisme pengantin di tengah momen Hari Pahlawan 10 November 2022 ini,” ungkap Kepala KUA Panjatan, Zamroni.


Dijelaskan, KUA Panjatan mewajibkan kepada setiap pengantin untuk memupuk rasa nasionalisme, cinta tanah air dengan wajib menghapal Pancasila di momen Hari Pahlawan.


Hal ini juga sebagai implementasi Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 34 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja KUA Kecamatan.


“Ini juga program budaya kerja, lima budaya kerja Kementerian Agama mengadakan sebuah program inovasi untuk pengantin, yakni P3L (Pengantin, Pancasila Peduli Lindungi),” jelasnya.


“Hari ini bertepatan dengan Hari Pahlawan, kami ingin memupuk semangat nasionalisme para pengantin dengan menyanyikan lagu-lagu nasionalis dan membaca teks Pancasila,” kata Zamroni.


“Sudah ada 100 bibit kelapa yang ditanam di Pantai Bidara. Mereka yang menikah kami minta menanam,” ujarnya.


Pengantin Rian Setiawan mengaku senang mengikuti program tersebut. Ia mengaku tergugah semangat nasionalismenya.


Soal kenapa melangsungkan pernikahan tepat di hari Pahlawan, yakni agar mudah diingat.


“Seneng tadi menyanyikan lagu Garuda Pancasila dan membacakan naskah Pancasila. Kenapa bertepatan, supaya gampang diingat aja sih,” ucapnya.


Setelah menyanyikan lagu nasional dan teks Pancasila, para pengantin di Panjatan yang menghelat akad nikah termasuk pasangan Rian dan Dewi juga diminta untuk melakukan aksi penghijauan.


Sedikitnya ada 100 bibit pohon kelapa genjah entok ditanam oleh perwakilan pengantin di kawasan Pantai Bidara, Panjatan, Kulonprogo.


“Ini sudah menjadi program kami, dan di tempat ini membantu pencegahan abrasi pantai,” pungkas Zamroni. (Radardepok.com/INews.id/d)





Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com