Pdt Dr Robinson Butarbutar Dipercaya sebagai Ketua KN-LWF Indonesia

Sekjen GKPI Pdt Humala Lumbantobing sebagai Sekretaris

209 view
Pdt Dr Robinson Butarbutar Dipercaya sebagai Ketua KN-LWF Indonesia
Foto: Dok/Pdt Dr Robinson Butarbutar
KN-LWF: Pdt Dr Robinson Butarbutar (2 kanan depan) terpilih sebagai Ketua KN-LWF Indonesia,  foto bersama pengurus Gereja-gereja anggota KN-LWF Indonesia usai rapat di STT HKBP P Siantar, Jumat (10/9).
P Siantar (SIB)
Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar dipercaya sebagai Ketua Badan Pelaksana KN-LWF (Lutheran World Federation) Indonesia periode 5 tahun ke depan (2021-2026). Hal itu diputuskan para rapat pimpinan 13 Gereja-gereja anggota LWF di Indonesia yang berlangsung di Luther Study Centre STT HKBP Pematangsiantar, Jumat (10/9) pagi.

Selain Pdt Dr Robinson yang juga Ketua Rapat Pendeta HKBP itu, juga ditetapkan Sekjen GKPI Pdt Humala Lumbantobing MTh sebagai Sekretaris dan Ephorus HKI Firman Sibarani MTh sebagai Bendahara.

Rapat yang dilakukan onsite dan online itu, juga dihadiri secara online oleh Perwakilan LWF Geneva, Dr Philip.Lok, dari ECLA di Amerika Dr Franklin Ishida, dan Dr Matt Anker dari LCA di Australia.

Sesuai rencana pelantikan para pengurus KN-LWF Indonesia itu akan dilaksanakan pada Minggu, 3 Oktober 2021 mendatang di HKBP Pematangsiantar, Distrik Sumatera Timur. Direncanakan juga disiarkan secara langsung (live streaming), sehingga jemaat dan dunia dapat menyaksikannya.

Sebagaimana diketahui, Komite Nasional LWF-Indonesia beranggotakan 13 gereja, yang mayoritas pelayanannya ada di Sumut. Ke-13 gereja itu adalah Gereja AMIN di Gunung Sitoli, BNKP di Gunung Sitoli, GKLI di Parlilitan, GKPA di Padang Sidempuan, GKPI di Pematangsiantar, GKPM di Kepulauan Mentawai, GKPPD di Sidikalang, GKPS di Pematangsiantar, GPKB di Jakarta, GPP di Medan, HKBP di Pearaja Tarutung, HKI di Pematangsiantar, dan ONKP di Sirombu Nias.

Sementara di dunia, LWF beranggotakan 148 gereja dengan 77 warga yang tersebar di 99 negara. LWF didirikan di kota Lund, Swedia tahun 1947 memiliki warisan ajaran-ajaran Reformator Martin Luther dan kini berpusat di Jeneva, Swiss.

Pdt Robinson mengatakan bahwa kepercayaan ini adalah tanggungjawab besar dan berat namun mulia. Sehingga selain menjalankan tugas sebagai Ephorus, maka akan menjalankan program dan misi LWF di Indonesia. "Mohon doa dan topangan," ujarnya dalam status facebook, Jumat (10/9).

Sementara itu sejumlah tokoh Kristen menyatakan dukungannya kepada Pdt Dr Robinson. Di antaranya para pendeta, dan tokoh-tokoh pendidikan dan jemaat dari seluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai ratusan orang. Mereka berharap, Pdt Robinson mampu menyukseskan program LWF di Indonesia, sehingga jemaat yang tersebar hingga ke pelosok-pelosok bisa terlayani dengan baik. (R4/D3/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com