Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022

Pelatih Shin Tae Yong: Pemain Indonesia Harus Pertaruhkan Nyawa


526 view
Pelatih Shin Tae Yong: Pemain Indonesia Harus Pertaruhkan Nyawa
(Dok. PSSI)
Pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong. 

Jakarta (SIB)

Shin Tae Yong menganggap lawan-lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 memiliki kekuatan yang lebih baik. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan dituntut memberikan segalanya di atas lapangan.


Indonesia akan menjalani tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand pada 3 Juni, Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni 2021. Sebelum itu, tim Garuda juga akan melakukan dua laga uji coba melawan Afghanistan (25/5) dan Oman (29/5).


Pelatih Shin Tae Yong asal Korsel itu tidak memungkiri lima calon lawan Indonesia selama uji coba dan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab, punya kekuatan yang lebih baik. Pelatih asal Korea Selatan itu pun mengungkapkan alasannya.


"Itu karena liga dan kompetisi mereka bergulir terus. Jadi fisik dan pengalaman pertandingan yang didapat oleh pemain lebih banyak serta lebih baik dari kita. Namun itu tidak masalah, di sinilah kita berusaha dan mencoba mengubahnya," ujar Shin Tae Yong dikutip dari situs resmi PSSI.


Shin Tae Yong yakin peluang Indonesia meraih hasil bagus tetap ada, terutama jika para pemain skuad Garuda memiliki fisik yang prima. Itu sebabnya Shin Tae Yong fokus pada pembenahan fisik pemain sebelum melakoni laga uji coba dan Kualifikasi Piala Dunia 2022.


Setelah masalah fisik bisa diatasi, Shin Tae Yong meminta para pemain untuk mempertaruhkan nyawa di atas lapangan.


"Sampai saat ini, kami sengaja mengadakan latihan penguatan (power training) untuk menguatkan fisik. Mulai besok harus conditioning lagi. Sekarang, tinggal pemain-pemain saja yang harus mempertaruhkan nyawanya, di pertandingan-pertandingan berikutnya," ucap Shin Tae Yong yang pernah mengantarkan Korsel Juara III Dunia.


Indonesia sudah dipastikan gagal ke Piala Dunia 2022 setelah berada di posisi buncit pada Grup G Kualifikasi Kedua Piala Dunia 2022. Dari lima laga sebelumnya, tim Merah Putih selalu kalah.


Masih Pemulihan Fisik

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menyebut dua pemain yang masih dalam tahap pemilihan fisik jelang laga uji coba melawan Afghanistan di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (25/5).


Shin Tae Yong mengatakan dari empat pemain yang bermain di klub luar negeri: Ryuji Utomo, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri, dua di antaranya belum sepenuhnya 100 persen dalam pemulihan fisik, yakni Ryuji dan Asnawi.


"Empat pemain itu sangat baik, tetapi ada dua pemain yang masih dalam pemulihan fisik [Ryuji dan Asnawi], mungkin dalam waktu singkat akan menjadi lebih baik," ujar Shin Tae Yong dikutip dari situs resmi PSSI.


Timnas kembali menjalani latihan di lapangan JA Sports Center and Shooting Club di Dubai, Jumat (21/5). Pemulihan fisik menjadi fokus Shin Tae Yong sebelum menjalani dua uji coba dan tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.


Selain itu Shin Tae Yong ingin Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan segera beradaptasi dengan cuaca panas di Dubai. Mengingat kelima pertandingan akan digelar di Dubai.


"Semua pemain beradaptasi dengan suhu dan cuaca di sini. Pemain-pemain lebih baik dan lebih bekerja keras di sini daripada di Jakarta, mental mereka pun sudah berubah menjadi lebih baik," ucap Shin Tae Yong. (CNNI/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com