Malam Ini Kualifikasi Piala Dunia 2022

Pelatih Timnas Optimis Pemainnya Atasi Tim Tangguh Thailand


574 view
Pelatih Timnas Optimis Pemainnya Atasi Tim Tangguh Thailand
(Dok. PSSI)
Pelatih sekaligus manajer timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Jakarta (SIB)

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong yakin para pemainnya tidak terganggu dengan rekor buruk kontra Thailand, tim yang akan dihadapi di Dubai dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Kamis (3/6) pukul 23.45.


Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Rabu (2/6), keyakinan Shin timbul lantaran nyaris seluruh pemainnya saat ini merupakan pemain belia yang sebelumnya tidak pernah merumput bersama timnas senior.


"Saya sudah mengganti timnas ke generasi terbaru. Anak-anak ini masih muda dan mental mereka akan terus terbentuk," ujar juru taktik asal Korea Selatan tersebut.


Indonesia memiliki rekor yang buruk saat bersua Thailand, setidak-tidaknya dalam 10 tahun ke belakang.


Dalam kurun waktu tersebut, skuad Garuda hanya menang satu kali yaitu pada tahun 2016, tepatnya pada leg pertama Piala AFF 2016 di Jakarta.


Melihat kondisi tersebut, Shin Tae-yong pun terus membenahi mental dan fisik anak-anak asuhnya di Dubai.


Shin sendiri menyoroti lemahnya lini belakang timnas yang sudah kebobolan enam gol dalam dua laga uji coba di Dubai kontra Afghanistan dan Oman.


Timnas Indonesia akan menghadapi tiga laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada 3-11 Juni 2021 di Dubai.


Skuad Garuda akan melawan Thailand pada 3 Juni 2021, lalu Vietnam pada 7 Juni 2021 dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2021.


Di Dubai, Evan Dimas dan kawan-kawan sudah menjalani dua laga uji coba yakni kontra Afghanistan dan Oman dengan hasil selalu kalah masing-masing skor 2-3 dan 1-3.


Hati-hati Lawan Timnas Indonesia

Pemain Thailand tak ingin gegabah saat menghadapi Timnas Indonesia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab.


Kemenangan 3-0 pada pertemuan pertama tidak membuat skuad Gajah Perang percaya diri berlebihan.


Thailand saat ini menempati peringkat ketiga di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di bawah Vietnam dan Malaysia. Guna mengamankan tiket ke fase lanjutan kualifikasi Piala Dunia, Thailand wajib meraih tiga kemenangan.


Gelandang Phittiwat Sukjitthammakul menganggap semua lawan yang akan dihadapi Thailand, Indonesia, UEA, dan Malaysia bisa merepotkan.


"Saya pikir setiap tim dapat menciptakan masalah bagi Thailand. Karena semua tim juga sudah dipersiapkan dengan baik. Kita tidak boleh ceroboh dan harus berjuang keras," kata pemain Chiangrai United itu.


Salah satu pemain muda di Thailand, Ekanit Panya, juga bersikap hati-hati menghadapi laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.


"Dengan timnas Thailand, saya dan para pemain di tim ingin tampil dengan sebaik mungkin. Dalam tiga pertandingan selanjutnya kami akan masuk ke lapangan dengan percaya diri demi hasil kemenangan," ujarnya.


Dikutip dari Siamsport, para pemain menjalani latihan dengan giat menghadapi porsi yang diberikan pelatih Akira Nishino.


"Saya dan teman-teman di sini ingin melakukan yang terbaik dan berharap bisa menang melawan Indonesia. Begitu pula dengan pertandingan lain saya juga ingin fan memberi dukungan pada kami," tutur pemain belakang Thailand keturunan Jerman, Manuel Tom Bihr.


Keinginan kuat meraih tiga poin melawan Indonesia juga disuarakan pelatih.


"Sekarang saya tidak memikirkan hal lain kecuali determinasi. Kami akan bermain sebaik mungkin melawan Indonesia. Kami ingin menang di pertandingan itu," ucap Nishino.


Pulangkan Nurhidayat

Timnas Indonesia memulangkan Nurhidayat Haji Haris dari Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) karena indisipliner.

Hal tersebut disampaikan Sekjen PSSI Yunus Nusi. Yunus menyampaikan Nurhidayat dipulangkan pada Minggu (1/6) karena melakukan tindakan indisipliner.


"Pelatih Shin Tae Yong melaporkan kepada kami bahwa Nurhidayat telah melakukan indisipliner dan dirinya sudah tidak berkenan karena sikap pemain tersebut. Untuk itu, Shin Tae Yong juga langsung memulangkan Nurhidayat ke Indonesia pada hari Selasa (1/6)," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi dikutip dari laman PSSI.


Yunus menegaskan PSSI mendukung langkah Shin Tae Yong untuk menanamkan sikap disiplin kepada skuadnya.


"PSSI tentu mendukung apa yang dilakukan pelatih Shin Tae-yong. Karena pemain yang melakukan tindakan indisipliner atau tidak baik tentu tidak ada tempat di timnas Indonesia. Jadi setiap pemain harus terus menunjukkan sikap yang baik, disiplin, dan kerja keras," kata Yunus menambahkan.


Nurhidayat pun telah tiba di Jakarta pada Selasa (1/6) sore. Selanjutnya, bek PSM Makassar itu langsung menjalani karantina mandiri selama lima hari di sebuah hotel di Jakarta.


Nurhidayat telah mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia sejak 1 Mei 2021 lalu.


Bek berusia 22 tahun ini juga telah tampil pada laga uji coba melawan Afghanistan (25/5) dan Oman (29/5).


Kini, Nurhidayat dipastikan tidak bisa membela timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.


Timnas Indonesia dijadwalkan akan melawan Thailand malam ini di Stadion Al Marktoum, lalu melawan Vietnam (7/6), dan UEA (11/6). (Antaranews/CNNI/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com