Pemasukan dari MotoGP 2022 Mandalika Ditargetkan Rp500 Miliar

* Festival Kuliner, UMKM dan Bazar akan Digelar

391 view
Pemasukan dari MotoGP 2022 Mandalika Ditargetkan Rp500 Miliar
Foto: Okezone
Sirkuit Mandalika.

Lombok (SIB)

Perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika diharapkan bisa mendongkrak perekonomian daerah setempat. Tak tanggung-tanggung, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menargetkan Rp500 miliar bakal masuk dari perhelatan balapan sepeda motor tingkat dunia ini.


Hal tersebut dikatakan Menparekraf Sandiaga saat memimpin Rapat Sinkronisasi Mingguan MotoGP 2022 Mandalika di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB, Kamis (10/2).


"Perlunya mengikutsertakan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal dalam even dunia sekelas MotoGP ini," katanya.


Selama persiapan dan digelarnya even MotoGP 2022, beberapa kementerian dan lembaga akan menggelar kegiatan penunjang seperti festival kuliner, pameran UMKM dan bazar.


Sebanyak 697 tenda telah disiapkan dan 210 pelaku UMKM sudah terdaftar untuk mengikuti kegiatan penunjang tersebut.


Sandiaga juga berharap dalam 35 hari ke depan menjelang perhelatan MotoGP, tingkat keterisian penginapan di Lombok bisa maksimal dari kondisi saat ini yang mencapai 52 persen.


Dari 34 ribu lebih kamar penginapan yang ada saat ini, akan ditambah lagi beberapa lainnya seperti glamour camping (glamping) dan sarana hunian pariwisata (Sarhunta).


Ia juga meminta permasalahan yang terjadi dalam hal akomodasi seperti harga penginapan yang melambung hingga Rp8 juta atau sewa kendaraan per hari yang mencapai Rp3 juta bisa dikomunikasikan oleh otoritas di daerah agar tidak berlarut-larut.


"Jika ini dibiarkan, maka dapat mencoreng nama Indonesia. Terlebih kegiatan MotoGP ini tidak hanya diadakan tahun ini saja, tetapi akan berlangsung pada tahun-tahun selanjutnya," pungkas Menparekraf.


Tes Pramusim

Sementara itu, tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika telah berlangsung Jumat (11/2) pukul 08.00 WIB.


Para pebalap MotoGP menjalani tes pramusim dari menguji coba motor terbaru hingga beradaptasi dengan lintasan selama tiga hari tepatnya pada 11-13 Februari.


Di hari pertama, Jumat (11/2) para rider MotoGP menjalani sirkuit dengan panjang 4,3 km itu pada pukul 09.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA.


Hal ini merupakan kejadian pertama kalinya para pebalap MotoGP menginjakkan kaki dan memacu motornya di Sirkuit Mandalika yang tahun lalu telah menggelar seri World Super Bike (WSBK).


Meski begitu, halnya tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 5-6 Februari lalu, tes di sirkuit Mandalika juga penting bagi Fabio Quartararo dan kawan-kawan.


Para pebalap akan mengumpulkan sebanyak-banyaknya data untuk pengembangan motor sebelum menjalani seri pembuka MotoGP 2022 di Qatar pada Maret mendatang.


Tes tersebut juga menjadi ajang uji coba lintasan bagi pebalap sebelum benar-benar tampil di seri MotoGP Mandalika 2022 pada 18-20 Maret mendatang.


Berikut jadwal lengkap tes pramusim MotoGP 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika:

Tes Hari Pertama: Jumat 11 Februari 2022 pukul 09.00-17.00 WITA


Tes Hari Kedua: Sabtu 12 Februari 2022 pukul 09.00-17.00 WITA


Tes Hari Ketiga: Minggu 13 Februari 2022 pukul 09.00-17.00 WITA. (PK/KJ/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com