Pemerintah Alokasikan Anggaran Rp 44,8 Triliun untuk Tangani Stunting


228 view
Pemerintah Alokasikan Anggaran Rp 44,8 Triliun untuk Tangani Stunting
(istimewa/net)
Ilustrasi stunting 

Jakarta (SIB)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 44,8 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk menurunkan angka stunting yang terjadi pada anak-anak di Indonesia pada tahun ini.

Ia menyebutkan program penurunan stunting ini tidak hanya melibatkan satu lembaga atau kementerian, melainkan 17 kementerian dan pemerintah daerah. Oleh karena itu, anggaran yang digelontorkan cukup besar.

Tujuh belas kementerian itu, kata Sri Mulylani, turut bertanggung jawab dalam menurunkan angka stunting agar memperhatikan keterbukaan informasi bagi publik.

Keterbukaan informasi publik itu merupakan hal yang sangat penting terutama di era digital.

"Karena memungkinkan informasi itu bisa dibagikan dengan cepat, bahkan bisa berkurang akurasinya," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/8).

Ia pun berpesan agar kementerian terkait tak hanya menampilkan data di website berupa tabel-tabel jumlah anggaran.

Apalagi jika data tersebut ditampilkan tanpa narasi. Akan lebih baik, menurut Sri Mulyani, kementerian perlu menjelaskan di mana lokasi stunting yang disasar, siapa lembaga yang menangani program stunting itu dan bagaimana mekanismenya kolaborasinya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com