Pemkab Deliserdang Tak Persulit Rencana Pembangunan Rumah Ibadah Konghucu di Sibolangit

* Hanya Mau Perjelas Titik Lokasi Lahan

189 view
Pemkab Deliserdang Tak Persulit Rencana Pembangunan Rumah Ibadah Konghucu di Sibolangit
(Foto: BeritaSatu Photo)
Ilustrasi toleransi. 
Lubukpakam (SIB)
Pemkab Deliserdang tidak ada mempersulit rencana pembangunan rumah ibadah Konghucu di Kecamatan Sibolangit. Pemkab melalui pemerintahan kecamatan dan desa belum mau memproses karena masih mau memperjelas terlebih dahulu di mana titik lokasi lahan yang dimaksud.

"Tidak benar ada dipersulit itu. Kita sedang mau proses penegasan lokasi tanah. Kan tidak mungkin mau kepala desa keluarkan silang sengketa apabila lokasi tanah belum jelas yang mana," kata Setdakab Deliserdang melalui Kabag Tapem, David E Tarigan saat dihubungi menanggapi pemberitaan berjudul Rencana Pembangunan Rumah Ibadah Khonghucu di Sibolangit-Deliserdang Diduga Dipersulit di Lubukpakam, Kamis (26/8).

Memang, kata dia, pihak yayasan sudah menunjukkan titik lokasi dan pihak BPN Deliserdang pun hadir. Namun lokasi yang ditunjuk itu berubah-ubah titik lokasinya.

"Cuman ada titik lokasi terakhir yang ditunjukkan lagi, inilah yang mau kita buat penegasan kembali kepada kepala desa antara Desa Sukamakmur dan Desa Bandar Baru serta melihat kondisi lapangannya. Setelah itu baru kita tegaskan lokasi kepada kepala desa. Sehingga kita tahu mana lokasi di desa yang mana, Desa Bandar Baru atau Desa Suka Makmur," terangnya.

Proses ini dilakukan Pemkab Deliserdang agar lebih memastikan lokasi yang mana. Proses segera dilakukan untuk memastikan lokasi yang mana. Disebut Kabag Tapem itu, jelas dulu masalah tanah di desa mana. Selanjutnya baru Kades berani mengeluarkan silang sengketa.

"Sabar saja. Pemkab Deliserdang melalui pemerintah kecamatan dan desa tidak ada mempersulit untuk rencana pembangunan apalagi rumah ibadah. Masalah status tanah Kades tentu sangat perlu hati-hati. Salah menerbitkan surat silang sengketa Kades yang jadi bermasalah dengan hukum," tandas mantan Camat Pancurbatu itu. (C3/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com