Pengguna Jalan Kecewa Pergub Larangan Truk Melintas Tujuan Bandarbaru-Karo di Hari Libur Dicabut


241 view
Foto: SIB/Leo Bukit
TERBALIK: Truk pengangkut kayu terbalik tepat di Tikungan Amoy, Desa Bandarbaru, Kecamatan Sibolangit, Sabtu (3/4).
Bandarbaru (SIB)
Arus lalulintas Jalan Jamin Ginting tujuan Bandarbaru menuju Karo terjadi padat merayap akibat mobil Mitsubishi Fuso mengangkut kayu gelondongan jenis durian terbalik di Tikungan Amoy, Desa Bandarbaru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (3/4) pagi.

Kapolsek Pancurbatu melalui Kanit Lantas Iptu Sehat Sinulingga mengatakan, truk berplat BA 9997 LU tersebut datang dari arah Tiga Lingga menuju Desa Namorambe. "Posisi truk terbalik tepat di tengah-tengah tikungan dan kayu yang diangkut berserakan ke badan jalan," ujarnya, seperti dilansir hariansib.com.

Beberapa jam kemudian, tindakan yang diambil petugas yaitu mengatur lalulintas dengan sistem buka tutup dan mengevakuasi menggunakan alat berat tadano. Tampak, personil Polsek Pancurbatu dibantu pihak terkait lebih dahulu menggeser atau memindahkan kayu yang telah berserakan di badan jalan.

Selanjutnya, pukul 15.00 WIB, truk tersebut berhasil digeser ke beram jalan dan arus lalulintas berfungsi kembali dua jalur, baik dari Medan maupun dari Karo. "Hingga saat ini, arus lalulintas memang masih padat merayap, dan hitungan 2 jam ke depan arus lalulintas kembali normal," ujarnya.

Ia mengatakan truk itu terbalik karena menghindari lubang saat melintasi jalan menurun atau melintasi tikungan amoy. "Saat menghindari lubang itu, kayu yang diangkut makin miring ke sebelah kiri dan akhirnya terbalik. Sopir dan kernetnya tidak mengalami luka-luka. Kerugian materil diperhitungkan tujuh juta rupiah," sebutnya.

Sementara pengguna jalan, A Tarigan terjebak dalam kemacetan mengaku kecewa terhadap akses jalan yang menghubungkan daerah Medan-Karo itu. Padahal jalan nasional ini sudah layak dibuka jalan alternatif lainnya seperti jalan tol ataupun jalan layang.
“Lihat sajalah sekarang ini, truk terbalik langsung macet, sebelum-sebelumnya kendaraan lainnya mengalami tabrakan dan rusak langsung macet. Akses jalan cuma ini saja," kesalnya.

Kondisi jalan tujuan Medan-Karo sekarang ini sudah terlalu sempit dan tidak sesuai dengan volume kendaraan yang melintas. Pasalnya, jalan itu dipergunakan pengendara menuju Karo, Pakpak Bharat, Dairi hingga Aceh Tenggara.

“Oleh karena itu, pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota diminta buka mata untuk membuat atau membangun akses jalan alternatif menuju Karo ini. Pagi-pagi kami sudah terjebak macet karena truk terbalik ini,” jelasnya.

Pengguna jalan lainnya, R Sitepu menyoroti puluhan truk melintas saat personil Polsek Pancurbatu melakukan evakuasi truk mengangkut kayu terbalik di Tikungan Amoy, Desa Bandarbaru, Kecamatan Sibolangit. Kabupaten Deliserdang.

Ia mengaku kecewa peraturan Gubernur Sumut (Pergub) tentang larangan truk melintas di hari libur, Sabtu dan Minggu di jalan pariwisata Medan-Berastagi serta sebaliknya dicabut dengan alasan jembatan timbang sudah diambil pusat pengelolaannya.

"Ya kecewalah Pergub itu dicabut. Inilah dampaknya Pergub itu dicabut. Kondisi saat ini bebaslah truk-truk melintas di hari libur, Sabtu dan Minggu. Setelah dicabut, truk terbalik, terus yang melintas juga truk sehingga arus lalin makin sempit dilalui," geramnya.

Ia mengaku pemerintah provinsi tidak memikirkan dampak setelah dicabutnya Pergub tersebut. "Pejabat-pejabat itu enak, kalau melintasi Medan-Berastagi memakai pengawalan voorijder. Adapun truk terbalik seperti ini, sudah pasti mereka yang diutamakan," ketusnya.

Ia meminta pemerintah provinsi dan pusat segera mengambil langkah pasti dan tegas untuk peraturan truk dilarang melintas Medan-Berastagi dan sebaliknya di hari Sabtu-Minggu maupun hari libur nasional. "Peraturan itu juga nantinya jangan hanya tertulis di atas kertas dan omongan saja, tapi bukti tindakan yang dilakukan," tegasnya. (SS6/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Tag:Pergub
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com