Kabareskrim Komjen Agus Andrianto:

Penyidik yang Langgar Pedoman Kapolri soal UU ITE akan Dihukum


240 view
Penyidik yang Langgar Pedoman Kapolri soal UU ITE akan Dihukum
(Foto Ant/Galih Pradipta)
PELANTIKAN: Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto (kiri) mengucapkan sumpah jabatan saat upacara pelantikan dan serah terima jabatan pejabat tinggi Polri di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (24/2). Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melantik pejabat tinggi Polri yaitu Kabareskrim, Kabaintelkam, Kabaharkam, Kalemdiklat Polri, Asrena Kapolri dan Kadivkum Polri. 
Jakarta (SIB)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berpesan kepada Kabareskrim Komjen Agus Andrianto agar penegakan hukum terkait UU ITE tidak boleh tumpul ke atas dan tajam ke bawah. Menindaklanjuti pesan itu, Agus pun memastikan jajarannya tidak akan tebang pilih dalam menangani kasus UU ITE yang masuk.

"Kan ada Wassidik (Pengawasan Penyidikan), ada pengawasan juga dari Propam (Profesi dan Pengamanan), dari Irwasum (Inspektorat Pengawasan Umum)," ujar Agus di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (24/2).

Agus mengatakan, bagi para penyidik yang melanggar surat telegram berisi pedoman penanganan kasus Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dari Kapolri, ada hukuman yang menanti. Sedangkan jika melaksanakannya dan mendapat apresiasi masyarakat, akan mendapatkan reward.

"Kemudian kepada mereka yang melanggar surat edaran Pak Kapolri pasti akan diberikan hukuman. Kemudian yang melaksanakan dengan benar dan mendapatkan apresiasi dari masyarakat juga akan diberikan reward kepada yang bersangkutan," terangnya.

Agus mengatakan, dalam pedoman Kapolri soal UU ITE, mediasi menjadi salah satu cara untuk menyelesaikan kasus ITE utamanya ujaran kebencian. Karena itu, kata dia, mediasi akan diupayakan dalam penyelesaian kasus ITE sesuai pedoman Kapolri.

"Artinya, bahwa terhadap penerapan UU ITE sudah sedemikian dibuka peluang untuk mediasi seluas-luasnya. Dilakukan mediasi dan itu menjadi pedoman untuk kita yang akan menegakkan hukum nanti," tandas Agus.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara pelantikan 8 pejabat utama (PJU) di Mabes Polri. Sigit pun memberi pesan khusus kepada Kabareskrim baru, Komjen Agus Andrianto, di sela pelantikan.

"Bapak Kabareskrim Polri tolong betul-betul dikawal bagaimana mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan. Karena masyarakat masih didapati suasana kebatinan yang merasakan bahwa hukum itu tajam hanya ke bawah tapi tumpul ke atas," ujar Sigit kepada Agus di Mabes Polri.

Berikut 8 perwira tinggi yang dilantik:
1.Komjen Agus Andrianto, jabatan lama Kabaharkam Polri, jabatan baru Kabareskrim Polri
2.Komjen Arief Sulistyanto, jabatan lama Kalemdiklat Polri, jabatan baru Kabaharkam Polri
3.Komjen Rycko Amelza Dahniel, jabatan lama Kabaintelkam Polri, jabatan baru Kalemdiklat Polri
4.Irjen Paulus Waterpauw jabatan lama Kapolda Papua, jabatan baru Kabaintelkam Polri
5.Irjen Hendro Sugianto jabatan lama Asrena Kapolri, jabatan baru Kapolda Lampung
6.Irjen Wahyu Hadiningrat jabatan lama Wakabareksrim, jabatan baru Asrena Kapolri
7.Irjen Fiandar jabatan lama Kadivkum Polri, jabatan baru Widyaismara Kepolisian Utama Sespim Lemdiklat Polri
8.Brigjen Suryanbodo Asmoro, jabatan lama Wakapolda Kalteng, jabatan baru Kadivkum Polri. (detikcom/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com