Peran Pemuda Tentukan Masa Depan Negara Menyongsong Indonesia Emas 2045


676 view
Peran Pemuda Tentukan Masa Depan Negara Menyongsong Indonesia Emas 2045
Foto: Ist/harianSIB.com
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. 

Jakarta (SIB)

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengemukakan pentingnya peran pemuda saat ini untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Hal ini disampaikan saat member Kuliah Umum bertema 'Konfigurasi Politik dan Hukum Menuju Indonesia Emas 2045' yang dilaksanakan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia Daerah Sumatera Utara, Kamis (25/8), di Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan, Sumatera Utara, yang siaran persnya disampaikan kepada wartawan, termasuk Jurnalis Koran SIB.

Menurut LaNyalla, ada sebuah kalimat yang sering kita dengar, yaitu ‘Apabila ingin melihat suatu negara di masa depan, maka lihatlah bagaimana pemuda di negara itu hari ini’.

Kalimat tersebut menunjukkan, bahwa generasi muda memiliki peranan besar dan penting bagi suatu bangsa, terlebih pada masa yang akan datang.

Dikatakan, generasi mudalah yang kelak akan menjadi pemimpin, meneruskan estafet sejarah kehidupan, menggantikan para pemimpin yang ada sekarang.

Apalagi yang saat ini berada di kampus,menempuh pendidikan tinggi, adalah pemuda yang intelektual. Pemuda dari kalangan terdidik, aset bangsa dan negara ini di masa depan.

Sebab, seorang intelektual adalah orang yang bisa melihat adanya keganjilan, untuk kemudian melakukan upaya perbaikan, karena itulah hakikat dari intelektual.

Senator asal Jawa Timur itu menambahkan, jauh sebelum Indonesia merdeka, pendiri Taman Siswa, Ki Hadjar Dewantoro, pada 31 Agustus 1928 telah mengingatkan hal tersebut dengan kalimatnya yang sangat terkenal.

Yakni, pengajaran harus bersifat kebangsaan. Sebab, kalau pengajaran bagi anak-anak tidak berdasarkan ke-nasionalan, maka anak-anak tidak mungkin mempunyai rasa cinta bangsa dan semakin lama akan terpisah dari bangsanya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com