Perayaan Jumat Agung di Sumut Aman, 14 Ribu TNI-Polri Siaga di Seluruh Gereja


193 view
Perayaan Jumat Agung di Sumut Aman, 14 Ribu TNI-Polri Siaga di Seluruh Gereja
Foto: Dok/Humas Poldasu
PATROLI: Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak didampingi Pangdam I/BB Mayjend TNI Hasanuddin dan sejumlah PJU Poldasu/Kodam I/BB melaksanakan patroli menggunakan sepeda motor untuk memantau situasi Kamtibmas menjelang perayaan Paskah.
Medan (SIB)
Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak menegaskan, ibadah Jumat Agung dan Paskah di Sumatera Utara dijamin berjalan dengan aman, bahkan personel tetap melakukan siaga di setiap rumah Ibadah.

Hal itu disampaikan Kapolda saat meninjau Gereja Katedral bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, Kamis (1/4) malam.

"Dari pemantauan bersama Pangdam I/BB, salah satunya di Gereja Katedral serta laporan personel di daerah, pelaksanaan ibadah Jumat Agung dan Paskah berjalan aman dan kondusif," tegas Kapolda Sumut.

Panca mengungkapkan, operasi pengamanan akan terus dilakukan hingga pelaksanaan ibadah Paskah berakhir. Dimana, setiap personil dari masing-masing wilayah diturunkan untuk mengamankan Gereja.

"Pengamanan ini dilakukan agar kehadiran personel Polri-TNI benar-benar dirasakan masyarakat, saat melaksanakan ibadah merasa aman tanpa adanya gangguan," katanya.

Sementara dari lokasi Gereja Katedral, terlihat personel gabungan Polri-TNI dengan bersenjata lengkap melaksanakan tugas pengamanan ekstra ketat di depan pintu masuk.

Jemaat yang datang melaksanakan Ibadah Paskah dilakukan pemeriksaan ekstra ketat dengan menggunakan alat metal detektor, untuk mengantisipasi terjadinya aksi teror bom serta memastikan kondisi keamanan Gereja tetap terjaga dalam situasi aman dan terkendali.

Turunkan 14 Ribu Personel
Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menurunkan 14 ribu personel dalam mengamankan Gereja-gereja pada peringatan Hari Paskah.

Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak lewat Kabid Humas Kombes Hadi Wahyudi, Kamis (1/4) sore di kantornya mengatakan, Polda Sumut berkerja sama dengan TNI dan seluruh stakeholder berupaya semaksimal mungkin dalam pengamanan menjelang peringatan Hari Paskah.

"14 ribu personel Polda Sumut kita turunkan untuk siaga di seluruh gereja yang melaksanakan ibadah Paskah," katanya.

Hadi mengungkapkan, Polda Sumut dan Kodam I/BB terus melaksanakan patroli gabungan bersama meninjau sejumlah rumah ibadah memantau situasi Kamtibmas di Kota Medan, Belawan dan Deliserdang jelang paskah dan bulan suci Ramadan.

"Tujuan dari patroli bersama yang dipimpin Kapolda, Pangdam, Pangkosek dan Danlantamal agar kehadiran personil TNI dan Polri dapat dirasakan masyarakat pada saat melaksanakan ibadah maupun kegiatan masyarakat lainnya tetap aman, nyaman dan kondusif," sebutnya.

Situasi keamanan di Sumut sampai saat ini masih terpantau aman dan kondusif. Namun, begitu masyarakat di himbau tidak usah takut terhadap ancaman teror, tetap melaksanakan aktifitas rutin sebagaimana biasanya, tetap waspada mengantisipasi aksi kejahatan.

"Polda Sumut juga berharap agar seluruh masyarakat tetap mentaati protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, memakai masker, jaga jarak, serta menggunakan handsanitizer agar terhindar dari penularan virus corona," pinta Hadi.

Patroli ke Gereja
Sementara itu, personel Dit Samapta Polda Sumut patroli dan menyambangi gereja-gereja yang berada di wilayah hukum Polrestabes Medan, Jumat (2/4)

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka pengamanan perayaan ibadah Paskah umat Nasrani di Kota Medan. Personil melaksanakan patroli pada malam paskah dan Jumat Agung.

Personil melaksanakan patroli ke Gereja Santo Fransiskus Asisi Jalan Padang Bulan Pasar VI dan Gereja Santo Antonius Padua Hayam Wuruk Jalan Hayam Wuruk Kota Medan.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi saat dikonfirmasi mengatakan kegiatan patroli yang dilaksanakan personil merupakan bentuk komitmen Polda Sumut dalam menjamin perayaan paskah di Kota Medan berjalan aman dan kondusif. (A18/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com