Percepat Penanganan PMK, Pemprov Sumut Bentuk Satgas PMK Libatkan TNI/Polri, Polda Sumut Siap All Out


412 view
Percepat Penanganan PMK, Pemprov Sumut Bentuk Satgas PMK Libatkan TNI/Polri, Polda Sumut Siap All Out
(Foto: Dok/Polrestabes Medan)
CEK KONDISI HEWAN: Sat Binmas Polrestabes Medan turun langsung untuk mengecek kondisi hewan ternak untuk mengantisipasi temuan PMK di Kelurahan Namo Gajah, Medan Tuntungan, Selasa (28/6). 

Edy juga meminta Pemkab dan Pemko melakukan deteksi dini dan melakukan penanganan isolasi terhadap hewan yang tertular.

Juga meminta agar Instruksi Mendagri Nomor 31 tahun 2022 tentang penanganan wabah PMK serta kesiapan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha dipedomani.

Kepada masyarakat, Edy juga meminta agar tidak panik terkait penyebaran PMK. Menurutnya, PMK bisa disembuhkan dan jumlah hewan ternak yang mati sangat kecil. “Rakyat jangan stres hanya 0,5 persen ternak yang mati,” katanya.

Selain itu, Edy meminta petugas yang mengeluarkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan agar tidak mempersulit masyarakat.

Karena jika sulit mendapatkan surat, akhirnya ada yang menjual hewan ternaknya secara sembunyi-sembunyi menghindari petugas yang berjaga di jalan sehingga akhirnya tidak terkontrol.

ALL OUT

Kapolda Sumut RZ Panca Putra Simanjuntak yang turut hadir di acara itu mengaku siap ikut terlibat dalam penanganan wabah PMK di Sumut. Menurutnya seluruh pihak harus kerja cepat mengatasi permasalahan tersebut.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com