Semifinal Euro 2020

Performa Bagus Italia Bakal Diuji Kekuatan Spanyol


323 view
Performa Bagus Italia Bakal Diuji Kekuatan Spanyol
Foto Dok/UEFA
TIMNAS ITALIA: Pemain timnas Italia berpose saat bertanding pada Euro 2020 di Stadion Olimpico.

Jakarta (SIB)

Timnas Italia akan berhadapan dengan Timnas Spanyol pada semifinal Euro 2020 di Wembley Stadium, London, Rabu (7/7) pukul 02.00 WIB. Pemenangnya akan melawan pemenang Inggris atau Denmark di final.


Italia melaju ke babak semifinal dengan performa hebat. Di perempat final, Italia mengalahkan sesama kandidat juara, yakni Belgia. Gli Azzurri menang 2-1 melalui gol-gol Lorenzo Insigne dan Nicolo Barella.


Jelang laga nanti, pukulan telak harus diterima oleh Italia. Leonardo Spinazzola yang bermain luar biasa sepanjang turnamen harus absen karena mengalami cedera tendon. Dia diperkirakan akan menepi dari lapangan hijau hingga 6 bulan ke depan.


Kehilangan Spinazzola tentu berpengaruh bagi skuad asuhan Roberto Mancini. Spinazzola 2 kali menyabet gelar man of the match sepanjang Euro 2021 ini. ”Saya tentu sangat sedih dengan apa yang dialami Spina. Ia pemain penting di tim ini, terlebih karena kami semua merasa sebagai saudara. Sangat tidak menyenangkan ketika kamu kehilangan saudaramu dalam kondisi seperti itu,” terang penyerang Italia, Federico Chiesa.


Sementara itu, Spanyol sudah dua kali beruntun main hingga extra time untuk menaklukkan lawan-lawannya. Anak-anak asuh Luis Enrique menumbangkan Kroasia 5-3 di babak 16 besar. Setelah itu, La Furia Roja menyingkirkan Swiss lewat adu penalti pada babak perempatfinal.


Pelatih Spanyol, Luis Enrique, sangat serius dalam menyongsong perjumpaan dengan Italia. Dia mengulik permainan Italia dengan dua monitor. Tak ada kata istirahat atau liburan bagi Luis Enrique. Eks pelatih Barcelona tersebut membagikan swafoto dirinya via media sosial Twitter. Luis Enrique tak sekadar berswafoto. Sebagai latar belakang pose diri, terdapat dua monitor yang memutar rekaman pertandingan Italia.


“Kami bersiap sebaik yang bisa kami lakukan,” tulis Enrique dalam keterangan swafoto unggahannya.


Sejauh ini Italia masih sempurna di Euro 2020, dengan 15 kemenangan dari 15 pertandingan sejak babak kualifikasi. Italia juga tak terkalahkan dalam 32 pertandingan terakhir. Sementara itu, Spanyol punya catatan bagus, yakni selalu tembus sampai final dan keluar sebagai juara setiap kali lolos dari perempat final turnamen ini (Euro 2008, Euro 2012).


Ini akan menjadi kali keempat secara beruntun Italia dan Spanyol bertemu di fase gugur Piala Eropa. Sebelumnya, mereka berjumpa di perempat final Euro 2008, final Euro 2012, dan babak 16 besar Euro 2016. Spanyol menang adu penalti di 2008 serta menang telak 4-0 di final 2012, dan Italia membalasnya dengan kemenangan 2-0 di edisi 2016.


Laga kali ini bakal kembali sengit dan berpotensi banyak lahir gol. Italia selalu mencetak gol di Euro 2020, sementara Spanyol mencetak 11 gol di tifa laga terakhirnya. Italia bakal lebih siap di laga ini melihat performa bagusnya. Prediksi, Italia menang 2-1.


Perkiraan Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Donnarumma; Emerson, Chiellini, Bonucci, Di Lorenzo; Barella, Jorginho, Verratti; Insigne, Immobile, Chiesa.


Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Alba, Pau Torres, Laporte, Azpilicueta; Pedri, Busquets; Koke; Olmo, Morata, Ferran Torres.


Head to head

Secara rekor, Spanyol memiliki keunggulan dalam head-to-head melawan Italia. La Roja mengoleksi 12 kemenangan, 12 hasil imbang dan hanya kalah sembilan kali dari catatan pertemuan mereka dengan Gli Azzurri.


Kedua tim terakhir kali bertemu di kualifikasi Piala Dunia 2018, dengan Spanyol menang 3-0 di Santiago Bernabeu lalu disusul dengan hasil imbang 1-1 di Juventus Stadium.


Berikut deretan laga yang patut disoroti di antara kedua tim:


- Italia 1-1 Spanyol (Florence, 1934)

Ini adalah pertemuan pertama kedua tim di laga kompetitif, tepatnya di ajang Piala Dunia 1934. Spanyol sukses menahan imbang tuan rumah 1-1, sebelum Italia mampu memenangkan laga ulangan sehari berselang dengan skor 1-0.


- Spanyol 0-0 Italia (Milan, 1980)

Kedua tim tidak bertemu lagi di sebuah turnamen resmi selama 46 tahun, dan ketika itu terjadi hasil akhirnya sama kuat. Azzurri yang menjamu La Roja di San Siro Milan dalam gelaran Euro 1980 harus puas dengan hasil akhir 0-0.


- Italia 1-0 Spanyol (Frankfurt, 1988)

Delapan tahun berselang mereka kembali bertemu di ajang yang sama yakni Euro yang berlangsung di Jerman. Berlaga di Waldstadion, Frankfurt, Italia memetik kemenangan 1-0 berkat gol tunggal Gianluca Vialli.


- Italia 2-1 Spanyol (Boston, 1994)

Roberto Baggio kemudian mematahkan hati Spanyol ketika ia mencetak gol dua menit jelang waktu normal permainan berakhir di Boston, Amerika Serikat.


Azzurri, yang kemudian menjadi runner-up turnamen, mengalahkan Spanyol 2-1 di babak perempat-final Piala Dunia 1994.


- Spanyol 0-0 Italia (Wina, 2008)

14 tahun kemudian, Spanyol akhirnya mengalahkan Italia melalui drama adu penalti setelah bermain imbang 0-0 di perempat-final Euro 2008.


La Roja lalu memenangkan turnamen edisi tahun tersebut dengan membawa generasi emas mereka.


- Spanyol 4-0 Italia (Kiev, 2012)

Kedua tim bertemu lagi, mulanya di fase grup Euro 2012, ketika Cesc Fabregas membatalkan keunggulan Italia yang dibuka oleh Antonio Di Natale untuk mencatat hasil imbang 1-1 di Gdansk. (Goal/Bola/Kps/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com