Peringati 65 Tahun Hubungan RI-Malaysia, Diplomasi Gowes Dua Negara Digelar di Medan


138 view
Peringati 65 Tahun Hubungan RI-Malaysia, Diplomasi Gowes Dua Negara Digelar di Medan
(Foto: Dok/Diskominfo Sumut)
NAIK SEPEDA: Gubenur Sumut Edy Rahmayadi naik sepeda bersama usai melepas Gowes dua negara dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia - Malaysia di Lapangan Benteng Medan, Minggu (21/8). 

Medan (SIB)

Memperingati 65 tahun hubungan diplomatik, Indonesia - Malaysia menggelar Gowes dua negara di Lapangan Benteng Medan, Minggu (21/8).

Ada 650 peserta bersepeda dari berbagai komunitas ambil bagian pada even tersebut.

Gubernur Edy Rahmayadi usai melepas peserta gowes mengatakan, kegiatan naik sepeda dua negara itu adalah untuk menjaga hubungan baik kedua negara serumpun agar tetap berjalan dengan baik.

"Kita ini bersaudara, satu rumpun dan budaya yang tak berbeda dengan adanya silaturahmi seperti ini insya Allah ada keberkahan," katanya.

Hadir Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Sekdaprov Sumut Arief Sudarto Trinugroho dan Konsul Jenderal Malaysia di Kota Medan Aiyub Omar beserta jajarannya.

Edy Rahmayadi juga berharap even itu dapat menjadikan tubuh sehat sehingga menambah keakraban bagi kedua negara. Sehingga apa yang telah terjalin saat ini akan semakin lebih baik lagi.

Sementara Konsul Jenderal Malaysia di Medan, Aiyub Omar mengatakan kegiatan gowes itu bertujuan mempererat hubungan baik yang telah terjalin antara Malaysia dan Indonesia sejak 1957.

Dipilihnya Diplomasi Gowes (Bicycle Diplomacy) menurut Aiyub karena olahraga bersepeda sangat diminati masyarakat. Setidaknya di Kota Medan saja ada sedikitnya 350 club sepeda.

Karena itu melalui diplomasi gowes Aiyub berharap tidak hanya antara pemerintah saja, tetapi hubungan diplomasi juga bisa melibatkan masyarakat Indonesia dan Malaysia.

"Saya berharap hubungan diplomasi ini tidak hanya di tingkat pemerintahan saja, tetapi juga melibatkan masyarakat," ujarnya.

Aiyub juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemprov Sumut yang mendukung kegiatan itu dan berharap acara itu dapat menjadi agenda tahunan dengan melibatkan lebih banyak lagi stakeholder Malaysia dan Indonesia di Sumut.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com