Perkumpulan Gerakan Pentakosta Indonesia-Pembaharuan Wilayah Deliserdang Dikukuhkan

* Minta Pemerintah Jamin Kebebasan Beragama

436 view
Perkumpulan Gerakan Pentakosta Indonesia-Pembaharuan Wilayah Deliserdang Dikukuhkan
(Foto: Dok/Pdt Krisman Saragih)
PENGURUS DELISERDANG: Ketum DPP Perkumpulan Gerakan Pentakosta Indonesia-Pembaharuan Sumut, Pdt Dr Baginda Nainggolan MTh bersama Sekretaris Pdt Krisman Saragih dan pengurus Deliserdang pada pengukuhan Senin (9/1) di Lubukpakam. 

Deliserdang (SIB)

Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Perkumpulan Gerakan Pentakosta Indonesia - Pembaharuan Sumatera Utara (Sumut), Pdt Dr Baginda Nainggolan MTh, meminta pemerintah memberi jaminan pada seluruh warga negara dalam menjalankan ibadah sesuai keyakinannya.


“Hal itu seusai amanat UUD 1945 dan Pancasila serta apa yang ditegaskan Presiden Joko Widodo,” ujarnya dalam pengukuhan kepengurusan organisasi tersebut untuk wilayah Deliserdang, Senin (9/1).


Didampingi Sekretaris Umum Pdt Krisman Saragih STh serta pengurus kabupaten kota yang hadir di kegiatan tersebut, ia menunjuk kejadian yang mencederai semangat kebangsaan dilandasi saling pengertian dan persaudaraan.


“Di Jawa, kasus-kasus persekusi sudah ditangani secara proporsional. Tetapi, di Medan kenapa masih ada,” ujarnya.


Meski tidak menunjuk spesifik kejadian pada gembala dan jemaat GEKI di Marelan - Medan, Pdt Baginda Nainggolan mengaku terluka sebab jemaat gereja tersebut mengalihkan ibadah di depan Kantor Wali Kota Medan.


“Kami meminta kepastian keamanan dan perlakuan yang sama di mata hukum. Kami tersakiti mengikuti jemaat kebaktian di jalanan karena saudara sebangsa itu tidak boleh beribadah di lokasi yang dipunyainya,” tegasnya.


Di tempat yang sama, Pdt Krisman Saragih mengatakan, dengan dikukuhkannya kepengurusan wilayah Deliserdang, maka Perkumpulan Gerakan Pentakosta Indonesia - Pembaharuan sudah berada di kabupaten kota di Sumut.


“Yang sudah punya pengurus, hampir seluruh kabupaten kota tapi yang dikukuhkan resmi ada di 10 - 11 wilayah tingkat dua,” ujar pendeta dari Gereja Pentakosta Indonesia - Pembaharuan Sumut tersebut.


Pengurus Deliserdang yang dikukuhkan untuk masa bakti 2023 - 2028, adalah. Penasihat Pdt E Ndraha (GKB), Pdt MT Situmeang (GPdI), Pdt B Nababan (GTdI), Pdt H br Sianturi (GPI) dan Pdt Poltak Marbun.


Ketua Pdt Gandi Karya Ginting, Ketua Harian Pdt Nehemia Situmeang, Wakil Ketua 1 Pdt Jonathan Tumanggor, Wakil Ketua 2 Pdt Wahyuan Situmorang. Sekretaris Pdt Sadianus Gea dan Wakil Pdt Terkelin Bangun. Bendahara dan Wakil: Pdt Immanuel Ginting dan Pdt Jonri M Purba.


Komisi Misi & Penginjilan Pdt Elianus Waruwu dan Ev Johnny H Eschweiler. Komisi Perempuan & Anak Pdt Mutiara Ritonga dan Pdt Sarmaida Purba.


Komisi Doa & Acara Pdt Liwa H Manurung dan Dewi Ruth Simamora. Komisi Sosial & Budaya Anuarman Gea dan Susanty E Pardede. (R10/a)




Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com