Forum Pemimpin Inspiratif GMKI-GAMKI

Pesan Luhut: Jangan Gantungkan Dirimu Pada Orang Lain


385 view
Pesan Luhut: Jangan Gantungkan Dirimu Pada Orang Lain
(Foto: Dok/GAMKI)
Diskusi Forum Pemimpin Inspiratif GMKI-GAMKI bertajuk “Dari Prajurit Tangguh, Pengusaha Sukses, Menjadi Menteri Terpercaya” dengan narasumber Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan (Kanan atas), Jumat (18/2). Nampak juga dalam foto: Maruarar Sirait (Kanan bawah), Sahat Martin P Sinurat (Kiri atas) dan Jefri Gultom. 

Jakarta (SIB)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan berpesan kepada para kader GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia) dan GAMKI (Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia) agar jangan menggantungkan diri kepada orang lain.


“Jangan gantungkan dirimu pada orang lain, tetapi bentuklah dirimu menjadi orang yang berkualitas dan terpenting andalkan Tuhan,” kata Luhut Binsar Pandjaitan dalam Forum Pemimpin Inspiratif GMKI-GAMKI bertema, ‘Dari Prajurit Tangguh, Pengusaha Sukses, Menjadi Menteri Terpercaya,” Jumat (18/2).


“Kalau sifatmu baik, karaktermu baik, mau bantu orang, dan bekerja dengan tulus ketika diberikan tanggung jawab, saya percaya Tuhan akan memberikan kepercayaan lebih pada kalian. Jangan khawatir, berbuat baiklah, karena jejak digital tidak akan pernah hilang,” lanjut Pria kelahiran Sumatera Utara, 74 tahun silam itu.


Dimoderatori Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI Jefri Gultom dan Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat, Luhut berbagi kisah suksesnya menjadi orang yang selalu berhasil dalam tiap langkah hidupnya.


Mulai menjadi prajurit yang menuntaskan berbagai operasi militer, meraih Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik Akabri Bagian Darat tahun 1970, menjadi Duta Besar, pengusaha di berbagai bidang hingga menteri di pemerintahan Presiden Gus Dur dan dua periode Presiden Jokowi.


“Saya menganggap kalian anak dan cucu saya. Maka pesan saya, hati kau harus bersih. Jika kau tidak disiplin, jangan mimpi bisa bersaing dengan orang lain. Tidak akan ada yang menghalangi jika Tuhan berencana atasmu. Kau harus sabar dan harus kerja keras,” pesan Luhut di depan ribuan kader GMKI dan GAMKI yang mengikuti pertemuan secara virtual.


Menurut pendiri dan Ketua Pembina Yayasan SMA Unggul Del di Kabupaten Toba itu, kehidupan penuh ‘misteri’. Untuk itu, Luhut memotivasi agar anak-anak muda Kristiani terus bekerja keras dengan hati tulus menunjukkan diri sebagai yang terbaik. Selanjutnya, serahkan pada rencana Tuhan untuk kehidupan ke depan.


“Be Your Self. Tidak akan ada yang bisa menghalangi kalau Tuhan punya rencana buatmu. Itu yang saya sebut ‘mystery of life’,” ujarnya.


Bagi Luhut, wajar jika anak muda mematok cita-cita yang tinggi. Namun, ia juga mengingatkan agar para pemuda Kristen tidak memiliki cita-cita yang tak realistis.


“Terus saja bekerja keras dan berbuat baik, menolong orang lain. Lakukan semua itu dengan sungguh-sungguh. Jangan menjilat untuk sukses, jangan sombong, dan jangan mencemburui keberhasilan orang lain,” urai pria yang tak pernah minder meski ayahnya hanya sopir bus dan ibunya tak lulus Sekolah Rakyat (SR, setara dengan SD).


“Saya tak pernah bermimpi pada umur hampir 75 tahun masih dipercaya mengatur negeri ini. Sampai orang bilang saya ini menteri segala urusan. Padahal, semua itu karena saya melakukan semua hal secara holistik,” terangnya.


Luhut menambahkan pihaknya tengah menggagas pertanian modern lewat “food estate” di Kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan), Sumatera Utara dan beberapa lokasi lain. “Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas para petani lokal sehingga ekonomi bisa cepat pulih,” tutupnya. (SS24/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com