Pesawat Batik Air dari Aceh Tujuan Jakarta Mendarat Darurat di Bandara Kualanamu


10.072 view
Pesawat Batik Air dari Aceh Tujuan Jakarta Mendarat Darurat di Bandara Kualanamu
Foto: Ant/Muhammad Iqbal
MENDARAT DARURAT: Pesawat Batik Air, seri Air Bus A-330 rute Aceh-Jakarta mengalami gangguan teknis sehingga terpaksa mendarat darurat di Bandara Internasional Kualanamu, Medan, Minggu (29/9).
Kualanamu (SIB)
Diduga mengalami kerusakan pada salah satu mesin, pesawat Batik Air nomor penerbangan ID 6897 dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda-Aceh Besar (BTJ) tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK), mendarat darurat di Bandara Internasional Kualanamu (KNO) di Deliserdang, Minggu (29/8) pukul 11.49 WIB.

Informasi diperoleh, Batik Air menggunakan Airbus 330-300 registrasi PK-LEL, membawa penumpang 271 orang serta 2 awak kokpit (pilot) dan 9 awak kabin. Jadwal keberangkatan dari Bandara Sultan Iskandar Muda pukul 10.45 WIB dan diperkirakan tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 12.50 WIB.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, ketika dikonfirmasi SIB melalui selularnya, Minggu sore, mengatakan pilot Batik Air ID-6897 melakukan pengalihan pendaratan (divert) ke Bandara Kualanamu, karena ada indikator pada kokpit yang menunjukkan komponen pada salah satu mesin pesawat perlu dilakukan pengecekan atau pemeriksaan.

“Pesawat mendarat normal koq, mas. Bukan mendarat mendarat darurat,” jelasnya. Sebelum keberangkatan (pre flight check) dari Bandara Sultan Iskandar Muda oleh awak kokpit (pilot) dan teknisi, hasil pengecekan pesawat dinyatakan layak terbang dan beroperasi (airworthiness for flight).

Informasi dihimpun, penumpang Batik Air ID 6897 yang tertunda selanjutnya diberangkatkan ke Jakarta dengan menggunakan 2 pesawat lain dari Bandara Kualanamu, yaitu pesawat Lion Air JT 301 dan Batik Air ID 6881, Minggu sore pukul 15.30 WIB.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito menjadi salah satu penumpang di dalam pesawat tersebut.

“Iya saya lagi di Kualanamu nunggu ganti pesawat," ujar Ganip saat dihubungi.

Ganip mengatakan pesawat mendarat dengan baik di Kualanamu. Menurutnya, berdasarkan informasi yang diterima, terjadi kerusakan teknis pada mesin sebelah kiri pesawat.

"Saya nggak ngerti ini mendarat darurat atau tidak, saya mendarat dengan baik-baik aja. Infonya si memang ada kerusakan teknis di mesin sebelah kiri, itu saja, tapi mendaratnya baik. Aman alhamdulillah," tuturnya.

Ganip mengatakan pihak Batik Air telah menginformasikan adanya pesawat pengganti. "Sudah diinfokan ada pesawat pengganti, tinggal boarding aja," tuturnya.

Ganip sendiri diketahui sebelumnya melakukan pelepasan mobil masker untuk penguatan protokol kesehatan (prokes) di wilayah Provinsi Aceh. Penguatan tersebut bertujuan membantu pemerintah daerah dan masyarakat Aceh dalam pengendalian Covid-19. (C1/detikcom/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com