Pohon Tumbang Kembali Berdiri di Tanjungbalai, 1 Warga Terlempar Tewas


536 view
(Foto: SIB/Regen Silaban
TUMBANG: Pohon berukuran cukup besar yang tumbang dan kembali tegak berdiri di Jalan Pondok Binjai Lingkungan IV, Kelurahan Sei Merbau, Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai dan mengakibatkan tiga warga terluka, Minggu (4/4) sekitar pukul 16.30 WIB. 
Tanjungbalai (SIB)
Tiga warga terlempar dari pohon yang sebelumnya tumbang dan kembali tegak berdiri di Jalan Pondok Binjai Lingkungan IV, Kelurahan Sei Merbau, Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai, Minggu (4/4) sekitar pukul 16.30 WIB.

Akibatnya, tiga warga tersebut mengalami luka-luka dan dirawat di RSUD Tanjung-balai. Satu orang di antaranya harus dirujuk ke rumah sakit di Medan karena mengalami luka-luka dan rasa sakit cukup serius di bagian dadanya.

Keterangan yang berhasil dihimpun, kejadian bermula saat ketiga warga itu sedang memotong ranting dan dahan pohon yang telah tumbang dan menimpa 4 rumah sejak tiga hari lalu. Diprediksi pohon tersebut berusia ratusan tahun karena berukuran cukup besar, dengan ketinggian sekitar 20 meter dan diameter sekitar 2 meter.

Tanpa disangka, pohon yang awalnya tumbang tersebut kembali tegak berdiri setelah sebagian rantingnya dipotong. Akibatnya, ketiga warga yang sedang memotong di atas pohon itu terlempar hingga beberapa meter.

Saat terlempar, ketiga warga itu diduga terbentur dengan benda-benda yang ada di sekitarnya sehingga mengalami luka-luka dan sakit di bagian tubuhnya. Dua dari tiga warga yang terlempar itu diketahui bernama Atan dan M Yusuf, warga Sei Merbau Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai.

Lurah Sei Merbau, Fahrurozi saat mendampingi warganya ke RSUD Tanjungbalai menceritakan, pohon itu tumbang tiga hari lalu disebabkan hujan dan angin kencang. Pohon tersebut juga menimpa empat rumah di sekitarnya. Sehingga, warga setempat bergotong royong memotong ranting pohon tersebut.

"Setelah ranting pohon sebagian dipotong, kemungkinan karena pohon itu tidak seimbang sehingga kembali tegak berdiri.
Tiga warga yang sedang memotong di atas pohon itu terlempar beberapa meter. Setelah mendapat perawatan, dua warga sudah diperbolehkan pulang oleh pihak rumah sakit, namun satu orang lagi harus dirujuk ke Medan," kata Lurah kepada SIB saat di RSUD Tanjungbalai menemani warganya, sekitar Pukul 20.00 WIB, seperti dilansir dari hariansib.com.

Tindakan selanjutnya, kata Lurah, dirinya akan berkoordinasi dengan Camat, Puskesmas dan BPBD, Dinas Sosial dan Dinas Lingkungan Hidup Tanjungbalai, agar pohon tersebut secepatnya dievakuasi.

Meninggal Dunia
Sementara itu, M Yusuf, satu dari tiga warga yang menjadi korban terlempar dari pohon tumbang itu akhirnya meninggal dunia. Korban menghembuskan nafas terakhirnya saat dirawat di RSUD Tanjungbalai, Minggu (4/4) sekitar pukul 22.30 WIB.

Sebelumnya, korban direncanakan akan dirujuk ke rumah sakit di Medan, karena menderita luka dan mengalami sakit yang cukup serius di bagian dalam tubuhnya.

"Korban yang kritis itu sudah meninggal dunia di rumah sakit, dan belum sempat dirujuk ke Medan bang. Saat ini pihak keluarga sudah membawa jenazah almarhum ke rumah duka," kata Lurah Sei Merbau, Fahrurozi, melalui pesan WhatsApp nya. (SS16/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com