Minggu, 23 Juni 2024 WIB
Duel Panas dan Keras, Indonesia Ditahan Vietnam Tanpa Gol

Presiden Jokowi: Pemain Sudah Bekerja Keras Mati-matian

Redaksi - Sabtu, 07 Januari 2023 08:55 WIB
500 view
Presiden Jokowi: Pemain Sudah Bekerja Keras Mati-matian
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
BEREBUT BOLA: Pesepakbola timnas Indonesia Marselino Ferdinan Philipus (kanan) berebut bola dengan pesepakbola timnas Vietnam Do Duy Manh saat pertandingan leg 1 babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno
Jakarta (SIB)
Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 lawan Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1).

Pada babak pertama, Timnas Indonesia memiliki lebih banyak peluang untuk mencetak gol. Dendy Sulistyawan, Marselino Ferdinan, dan Yakob Sayuri adalah nama-nama yang punya peluang emas untuk membobol gawang Vietnam.

Tetapi peluang-peluang tersebut tak ada yang berbuah menjadi gol. Tendangan Marselino dan sundulan Yakob berhasil dimentahkan oleh Dang Van Lam. Sedangkan Dendy yang punya ruang tembak terbuka malah memilih mengoper bola.

Sebaliknya, Vietnam justru tidak mampu membuat peluang emas untuk mencetak gol. Skor imbang 0-0 pun menghias akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, pertandingan sempat memanas ketika terjadi keributan antara kedua tim. Hal tersebut dipicu oleh pelanggaran yang dilakukan oleh Doan Van Hau pada Dendy Sulistyawan.

Doan Van Hau yang melakukan pelanggaran ikut terjatuh mengerang kesakitan. Hal itu kemudian juga sempat membuat sejumlah ofisial Vietnam mendatangi lapangan.

Setelah keributan mereda, Timnas Indonesia dan Vietnam terus melakukan aksi jual beli serangan. Tetapi hingga laga memasuki menit ke-70, kedua tim masih sama-sama kesulitan mencetak gol.

Dalam kondisi kedua tim sama-sama belum mencetak gol, Shin Tae Yong belum tergerak untuk melakukan pergantian pemain. Sedangkan Vietnam sudah memasukkan dua pemain pengganti yaitu Tan Tai Ho dan Tuan Hai Pham.[br]




Shin Tae Yong baru melakukan pergantian di menit ke-81 ketika memainkan Ricky Kambuaya menggantikan Rachmat Irianto.

Pada menit ke-82, Pratama Arhan mencoba melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Tetapi tendangan Arhan masih melambung jauh di atas gawang.

Di masa injury time, tembakan Yakob Sayuri mengarah ke gawang tetapi bisa dibuang keluar oleh kiper Vietnam. Shin Tae Yong lalu menurunkan Witan Sulaeman, Ilija Spasojevic, dan Saddil Ramdani masuk ke lapangan di menit-menit akhir.

Tak ada gol yang tercipta di laga ini. Indonesia vs Vietnam imbang 0-0.




Sudah Bekerja Keras

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, seluruh pemain tim nasional Indonesia telah bekerja keras untuk melawan Vietnam di babak semifinal piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada sore hari ini Jumat (6/1).

Diketahui, hasil akhir leg pertama semifinal piala AFF antara Indonesia melawan Vietnam berakhir dengan skor kacamata.

"Saya melihat seluruh pemain sudah bekerja keras mati-matian, dari sempritan awal sampai akhir tapi hasilnya 0-0," kata Jokowi usai menyaksikan pertandingan di SUGBK, Jakarta, Jumat (6/1).

Meski berakhir imbang pada leg pertama, Jokowi menyebut timnas Indonesia masih memiliki kesempatan untuk memenangkan pertandingan di Vietnam nanti.[br]




"Kita masih memiliki kesempatan besar nanti yang di leg yang di Vietnam," kata Jokowi.

Dikesempatan berbeda, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap timnas Indonesia bisa lolos ke final. Hal itu diinginkannya agar dapat bermain kembali di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Tentu kita harapkan kita bisa lolos dari semifinal ini, sehingga tim nasional Indonesia bisa main di final. Kalo dia (timnas Indonesia) main di final, berarti main lagi disini (SUGBK)," kata Zainudin.




Harus Menang

Dengan hasil ini, kedua tim masih imbang. Penentuan pemenang akan ditentukan pada pertandingan leg kedua semifinal. Timnas Indonesia akan bertandang ke markas Vietnam di Stadion My Dinh National pada Senin, 9 Januari 2023. Laga tersebut dijadwalkan mulai 19.30 WIB. Untuk lolos ke final Indonesia harus menang atas Vietnam.

Berikut daftar susunan pemain Indonesia vs Vietnam

Timnas Indonesia: Nadeo Arga Winata; Jordi Amat, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam Bahar; Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan, Marc Klok; Dendy Sulistyawan.

Timnas Vietnam: Dang Van Lam; Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Vu Van Than, Bui Tien Dung, Doan Van Hau; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc; Nguyen Tien Linh. (CNNI/Okz/T/a)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Sepuluh Wakil Indonesia Lolos ke 16 Besar Kaohsiung Masters 2024
Presiden Jokowi Saksi Pernikahan Putra Anwar Usman dan Idayati di Solo
Datang ke Indonesia, Paus Fransiskus Bakal Berkunjung ke Masjid Istiqlal
Pelantikan DPP Pengurus PPRS Indonesia 2024-2029 Digelar di Medan 30 Juni 2024
KKSU 2024 Bertajuk 'Rap Pamajuhon Sumut' akan Digelar di Medan Dihadiri Gubernur BI dan Menko Maritim LBP
1 Juni 2025 SIM Indonesia Bisa Dipakai di Negara ASEAN
komentar
beritaTerbaru