Puncak Covid Varian XBB Diprediksi Desember

* Perketat Prokes dan Segera Booster

185 view
Puncak Covid Varian XBB Diprediksi Desember
Foto: Getty Images/iStockphoto/niphon
Ilustrasi

Jakarta (SIB)

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyastuti mengatakan pihaknya telah memprediksi puncak kasus angka Covid-19 varian XBB. Dinkes DKI memprediksi puncak kasus bakal terjadi pada akhir November atau awal Desember.

"Untuk prediksi akan terjadi puncak kasus pada akhir November atau awal Desember," kata Widyastuti kepada wartawan di Monas, Jakarta, Rabu (23/11).

Widyastuti berharap kenaikan angka Covid tidak terjadi pada waktu-waktu tersebut. Pihaknya juga telah menyiapkan beberapa upaya untuk mengantisipasi lonjakan kasus.

"Tentu kita berharap itu tidak terjadi. Tentu dengan berbagai upaya. Tentu peran media sangat strategis dan penting untuk mengedukasi warga untuk menjaga prokes dan pastikan kita terlindungi dengan vaksinasi," katanya.

Dia menyampaikan bed occupation rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di Jakarta tercatat sekitar 20-25 persen. Dia turut mengimbau masyarakat untuk tetap taat protokol kesehatan (prokes).

"Untuk nataru, kami telah melihat, membandingkan, menganalisa tren dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan bagaimana risiko penyebabnya. Saat ini untuk pemanfaatan BOR di kisaran 20-25 persen," katanya.

"Jadi saat ini memang masih ditemukan kasus Covid positif sehari sekitar 2.000. Sebagian besar bisa isolasi mandiri karena tanpa gejala atau gejala ringan. Kami tetap mengimbau protokol kesehatan tetap dijaga. Pakai masker terutama di tempat tertutup dan pastikan kita sudah terlindungi dengan vaksinasi," tambahnya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com