Hasil Pertemuan dengan Jokowi

Putin Beri Jaminan Keamanan Pasokan Ekspor Pangan Ukraina

* Jokowi Buka Jembatan Komunikasi Putin – Zelensky

411 view
Putin Beri Jaminan Keamanan Pasokan Ekspor Pangan Ukraina
(Foto: Tangkapan layar Kompas TV)
BERTEMU: Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin memberikan keterangan pers usai bertemu di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6). 

Moskow (SIB)

Presiden Joko Widodo menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin di Moskow, Rusia, Kamis (30/6). Dalam pertemuan itu, kedua Kepala Negara membahas sejumlah isu.

Usai pertemuan, Jokowi dan Putin menggelar konferensi pers. Presiden Jokowi menyampaikan lima poin yang jadi pembahasan bersama Presiden Putin.

Poin pertama adalah soal kemanusiaan.

“Kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Konstitusi Indonesia mengamanatkan bahwa Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia,” tutur Jokowi.

“Dalam konteks inilah saya melakukan kunjungan ke Kyiv dan ke Moskow,” lanjutnya.

Poin kedua adalah tentang penyelesaian damai atas konflik yang berujung perang antara Ukraina dan Rusia.

Selain jalan damai, menurut Jokowi, ruang dialog juga harus terus dikedepankan.

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky (Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky) untuk Presiden Putin. Dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” tegas Jokowi.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com