Qatar Patahkan Kutukan Juara Bertahan Piala Asia Selama 17 Tahun

* Akram Afif Raih Gelar Pemain Terbaik dan Top Skor

289 view
Qatar Patahkan Kutukan Juara Bertahan Piala Asia Selama 17 Tahun
Foto Reuters/Molly Darlington
JUARA: Timnas Qatar berhasil menjadi juara Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Yordania dengan skor 3-1 pada babak final yang berakhir Minggu (11/2) di Lusail City Stadium. 
Jakarta (SIB)
Timnas Qatar berhasil menjadi juara Piala Asia 2023 (2024) setelah mengalahkan Yordania dengan skor 3-1 pada babak final yang berakhir Minggu (11/2) di Lusail City Stadium. Akram Afif jadi bintang kemenangan Qatar lewat hattrick yang seluruhnya ia ciptakan lewat penalti pada menit ke-22, 73 dan 95. Sementara gol Yordania dicetak Y Al-Naimat pada menit ke-67.
Keberhasilan Qatar ini membuat mereka sukses mempertahankan gelar juara Piala Asia. Pada edisi Piala Asia 2019, Qatar untuk pertama kalinya jadi juara usai mengalahkan Jepang dengan skor 3-1.
Qatar mempertahankan gelar juara ini sekaligus membuat mereka menghapus kutukan juara bertahan. Pasalnya dalam 17 tahun terakhir, tidak ada juara bertahan yang mampu juara Piala Asia di kesempatan berikutnya.
Sebelum sukses Qatar di tahun ini, tim yang terakhir kali mampu mempertahankan gelar juara Piala Asia adalah Jepang. Setelah jadi juara di Piala Asia 2000, 'Samurai Biru' kembali juara di edisi 2004.
Namun setelah sukses Jepang di 2004 tersebut, tidak ada lagi tim juara bertahan yang mampu mempertahankan gelarnya. Sejak Piala Asia 2007, tidak ada tim juara bertahan yang mampu kembali juara alias sudah 17 tahun lamanya.
Jepang, Irak, dan Australia tidak mampu melakukannya kembali di edisi berikutnya saat mereka berstatus juara bertahan. Kini, catatan buruk juara bertahan tersebut telah dipatahkan oleh Qatar.
TERBAIK
Gelar juara bagi Qatar terasa sempurna, karena penyerang andalannya Akram Afif jadi top skor dan pemain terbaik turnamen itu.
Bagi Afif, ini adalah gelar Piala Asia kedua beruntun setelah yang pertama pada 2019. Mereka masuk dalam daftar lima tim yang pernah mempertahankan gelar juara Asia selain Jepang, Iran, Arab Saudi, dan Korea Selatan.
Setelah Almoez Ali jadi top skor empat tahun lalu dengan sembilan gol, kini gelar Sepatu Emas jadi milik Afif yang mencetak delapan gol.
Ada total tiga gol dibuat Afif di fase grup dan lima lainnya di fase gugur, termasuk saat memastikan kemenangan Qatar atas Palestina di Babak 16 Besar.
Tak cukup gelar top skor, gelar Pemain Terbaik Turnamen (MVP) juga jadi milik Afif, yang lagi-lagi mengulangi prestasi Ali empat tahun lalu. Hebatnya Afif dalam dua edisi Piala Asia terakhir, terlibat dalam hadirnya 22 gol Qatar, lewat 9 gol dan 13 assist. Total 22 gol itu setara dengan 67 persen gol Qatar dari 2019 dan 2023.
"Saya ingin berterima kasih kepada seluruh rakyat Qatar, Selamat untuk fans dan pelatih. Saya tidak bisa berkata-kata, tapi kami merasa pelatih sudah bekerja keras untuk kami," ujar Afif di situs resmi AFC.
"Namun, saya ingin katakan kepada fans bahwa kami bisa memberikan lebih dari ini. Saya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan yang mempercayai saya untuk mengambil penalti. Mereka mempercayakan penuh tiga penalti itu kepada saya. Saya rasa kami pantas menang," pungkasnya.
Penerima Penghargaan Piala Asia 2023:
Juara: Qatar
Runner up: Yordania
Pemain Terbaik: Akram Afif (Qatar)
Top Skor: Akram Afif (Qatar)
Kiper Terbaik: Mershaal Bashram (Qatar). (CNN/detiksport/c)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com