RI - Arab Saudi Semakin Mesra


499 view
RI - Arab Saudi Semakin Mesra
Foto: CPC Arab Saudi
RANGKUL: Pangeran Muhammed bin Salman merangkul Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan dalam pertemuan di Riyadh, Kamis (3/3). 

Jakarta (SIB)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman berencana untuk dua kali mengunjungi Indonesia pada 2022.


"MBS (Muhammed bin Salman) menyampaikan ke saya, beliau akan datang ke Indonesia dua kali tahun ini. Pertama sebelum G20 dan itu kita berharap bisa tanda tangani semua 'item' proyek dengan pemerintah Indonesia dan kunjungan kedua beliau akan datang di G20," kata Luhut di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (18/2).


Luhut menyampaikan hal tersebut setelah melaporkan ke Presiden Jokowi mengenai hasil kunjungannya ke Riyadh, Arab Saudi beberapa waktu yang lalu.


Menurut Luhut, Pangeran Muhammad bin Salman tertarik untuk bekerja sama dalam beberapa proyek, antara lain pembangunan ibu kota negara (IKN), suplai minyak mentah untuk petrokimia, hingga mangrove dan terumbu karang.


"Presiden sudah memutuskan akan membentuk semacam 'task force' untuk itu, nanti di dalamnya ada saya sendiri dengan Pak Erick lalu ada 4 grup. Nanti (satgas) akan menjadi 'counterpart' dengan Saudi dan akan menyangkut rumah Mekah- Indonesia yang akan dibangun BUMN dan akan dimulai Insya Allah kira-kira 2023," tambah Luhut.


Luhut menambahkan, tim tersebut akan langsung bekerja dan berkomunikasi dengan pihak Arab Saudi. Tim tersebut nantinya akan berangkat kembali ke Riyadh untuk melakukan perundingan-perundingan teknis dengan pihak Riyadh.


Sebelumnya melalui unggahan instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, pada Minggu (6/3), Luhut menunjukkan cendera mata dari Pangeran Mohammed bin Salman berupa kiswah atau potongan kain Ka'bah dan juga replika kunci Ka'bah.


Luhut dalam unggahannya menceritakan pengalamannya dijamu secara akrab oleh Pangeran Mohammed bin Salman. Luhut diundang dalam acara makan malam di halaman Istana Kerajaan bersama jajaran kabinet senior Arab Saudi.


Luhut mengaku telah mengenal Pangeran Mohammed bin Salman selama dua tahun terakhir dan cukup intens berkomunikasi meski hanya melalui pesan instan Whatsapp.


"Another mystery of life bagi saya karena menurut Dubes Indonesia, Pangeran Mohammed bin Salman sangat jarang menerima tamu dari luar, kecuali tamu dari negara-negara tetangga Teluk," tulisnya.


Ngopi Pagi

Selang beberapa hari setelah Luhut balik ke Jakarta, giliran Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen (Purn) Prabowo Subianto yang dijamu secara spesial oleh keluarga kerajaan Saudi, yakni oleh Pangeran Khalid Bin Salman.


Pangeran Khalid adalah adik Pangeran MBS yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi.


Prabowo dan Pangeran Khalid bertemu di Riyadh, Saudi, Senin (7/3). Prabowo disambut spesial oleh Pangeran Khalid.


Prabowo diundang makan pagi oleh Pangeran Khalid. Panglima Angkatan Bersenjata Saudi Arabia juga ikut mendampingi makan pagi tersebut.


Sambil menikmati kopi khas Arab Saudi, Prabowo dan Pangeran Khalid bertukar pikiran tentang pertahanan.


Seperti diketahui, kerja sama pertahanan antara Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi telah terjalin dengan baik selama ini.


Kerja sama tersebut dikukuhkan dengan Defence Cooperation Agreement (DCA) Between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the Kingdom of Saudi Arabia, pada 23 Januari 2014 di Jakarta dan diratifikasi pada tahun 2018.


Dalam bidang pendidikan, Kemhan RI dan Kemhan Arab Saudi telah memiliki program kerja sama pertukaran Perwira sebagai implementasi kerja sama pendidikan dan perlatihan.


Indonesia telah mengirimkan 178 orang untuk mengikuti Pendidikan di Arab Saudi dalam kurun waktu 2014-2022, berupa Sesko Angkatan dan Kursus pencerahan Penanggulangan ekstrimisme.


Sedangkan Arab Saudi telah mengirimkan dua orang untuk mengikuti Sesko TNI dan Sesko Angkatan Darat. Permintaan terkait penambahan seat Sesko di tiap angkatan pun akan terus ditambah. (KJ/RM/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com