RS Jiwa Solo Kebakaran, 2 Pasien Tewas dan 3 Luka


122 view
RS Jiwa Solo Kebakaran, 2 Pasien Tewas dan 3 Luka
Foto: Ari Saputra
Ilustrasi kebakaran.

Solo (SIB)

Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Arif Zainudin Solo terbakar, Jumat (5/8) subuh. Dua pasien meninggal dunia dan beberapa orang mengalami luka-luka.


Kebakaran terjadi sekitar sekitar pukul 04.00 WIB. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo, Sutarjo mengatakan baru menerima laporan sekitar satu jam kemudian.


"Iya, kami menerima laporan tersebut sekitar pukul 04.55 WIB," kata Sutarjo kepada wartawan.


Wakil Direktur dan Kepala Bagian Umum RSJD Solo, Joko Mulyono, menyebut dua pasien berasal dari Karanganyar dan Blora meninggal akibat kebakaran itu.


"Pasien meninggal atas nama YA (30), pasien dari Dinsos Karanganyar dan inisial YR (33) pasien dari Blora," kata Joko.


"Sementara itu dua orang pasien lainnya mengalami luka bakar berat dengan inisial AH (44) dan IB (25) serta satu orang pasien mengalami luka bakar ringan atas nama MA (44)" ujarnya.


7 Pasien Terikat

Sementara itu, Wakil Direktur dan Kepala Bagian Umum RSJD Solo, Joko Mulyono menjelaskan bahwa kebakaran itu terjadi di ruang Puntadewa dan ruang isolasi psikiatri.


"Pada saat kejadian di Ruang Puntadewa sisi timur yang menjadi lokasi kebakaran ditempati oleh tujuh orang pasien yang di-restrain (dilakukan pengikatan) karena dalam kondisi gaduh gelisah," katanya melalui keterangan tertulis.


Adapun ruang isolasi psikiatri saat itu diisi dua pasien. Namun, menurutnya, korban yang tewas dalam kejadian tersebut justru pasien yang berada di ruang isolasi.


Dia menyebut kebakaran itu diketahui oleh petugas jaga. Api saat itu sudah membesar di ruang isolasi sekitar pukul 03.43 WIB.


"Petugas jaga mengetahui ketika api sudah membesar di ruang isolasi psikiatri, " kata Joko. (detikcom/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com