Rambut Abraham Lincoln Terjual Rp 1.2 Miliar


229 view
Rambut Abraham Lincoln Terjual Rp 1.2 Miliar
bbc
Beberapa benda terkait mendiang Presiden AS, Abraham Lincoln, telah terjual di rumah lelang.
Boston (SIB)
Seikat rambut mendiang mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Abraham Lincoln bersama telegram dengan bercak darah terjual senilai 81.250 dollar AS (Rp 1,2 miliar). Harga tersebut hampir setara dengan Toyota New Alphard seri NEW 2.5 G A/T yang dibanderol dengan harga on the road (OTR) Rp 1,95 miliar wilayah DKI Jakarta menurut situs resmi Toyota Astra. Seikat rambut Lincoln, beserta telegramnya, itu terjual dalam lelang pada Sabtu (12/9) menurut pernyataan rumah lelang RR Auction yang berbasis di Boston, AS.

Seikat rambut sepanjang 5 sentimeter tersebut terakhir kali dirawat oleh Lyman Beecher Todd, sepupu janda Lincoln, Mary Todd Lincoln sebagaimana dilansir dari UPI, Senin (14/9). Hasil penjualan rambut mendiang Lincoln tersebut melampaui ekspektasi RR Auction. Sebelumnya, rumah lelang tersebut memperkirakan rambut mantan presiden AS itu dapat terjual 75.000 dollar AS (Rp 1 miliar).

Rambut itu didapatkan saat pemeriksaan autopsi setelah Lincoln ditembak mati di Ford's Theater, di Washington DC oleh John Wilkes Booth pada 1865 sebagaimana dilansir dari Associated Press. Sebelumnya, diberitakan bahwa Juru Bicara RR Auction, Mike Graff, mengatakan rambut tersebut diberikan kepada Lyman Beecher Todd melalui sebuah telegram.

Telegram beserta rambut tersebut dikirimkan oleh George Kinnear dan diterima pada 14 April 1865 pukul 23.00 waktu setempat. RR Auction menjamin keaslian rambut tersebut. Bukti lain keasliannya adalah satu surat yang ditulis oleh putra Lyman Beecher Todd, James Todd, pada 1945. Dalam surat tersebut, James Todd mengatakan bahwa potongan rambut tersebut adalah “sepenuhnya menjadi hak asuh keluarga kami sejak saat itu”. (UPI/AP/kps/f)
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com