Rampas Sepeda Motor Modus Debt Collector, Oknum Purnawirawan dan Seorang Pria Babak Belur Dihajar Massa


217 view
Foto.SIB/Lisbon Situmorang
INTEROGASI : Kapolsek Lubukpakam AKP Hendri Yanto Sihotang (berdiri) menginterogasi kedua tersangka begal modus debt colektor (duduk paling kanan), Jumat (20/11/2020), di Polsek Lubukpakam.
Lubukpakam (SIB)
Dituduh merampok (membegal) sepeda motor dengan modus (mengaku) petugas debt collector leasing, oknum purnawirawan dan seorang pria babak belur dihajar massa, saat melintas di Jalan Karya Utama Kompleks Taman Buah Pemkab Deliserdang di Lubukpakam, Kamis (19/11) pukul 21.30 WIB.

Oknum purnawirawan berinisial Su (56) warga Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang, dan warga sipil berinisial GH (24) warga Kecamatan Pagarmerbau Kabupaten Deliserdang.

Kedua tersangka menjalani pemeriksaan berdasarkan pengaduan korban begal (rampok), Edy Hutagaol (58) warga Dusun IV Jalan Hamparan Perak Perumahan Pemda Desa Pagarmerbau III Kecamatan Lubukpakam.

Dalam pengaduannya disebutkan, enam pria di antaranya mengaku aparat dengan mengenakan pakaian dan kaos loreng serta mengaku debt collector leasing, mengambil sepeda motor Honda Beat warna hitam miliknya dengan cara kasar saat melintas di Jalan Pembangunan Desa Sekip Kecamatan Lubukpakam, Senin (9/11) pukul 15.00 WIB.

Kawanan begal dengan mengendarai tiga unit sepeda motor mengaku debt collector, mencegat laju sepeda motor korban dan mengatakan pembayaran angsuran sepeda motornya sudah macet, sehingga sepeda motor harus ditarik.

Setelah dicek sesuai surat penarikan (sita) leasing yang dibuat para tersangka dan diberikan kepada korban, ternyata kantor leasing yang dicantumkan tidak ada, sedangkan sepeda motornya sudah raib digondol tersangka.

Informasi diperoleh, sebelumnya kedua tersangka mengendarai sepeda motor Honda CB150 R, melintas di lokasi kejadian. Saat melintas, korban yang mengendarai sepeda motor berpapasan dan mengenali tersangka GH yang mengenakan celana loreng berboncengan dengan tersangka Su yang mengenakan celana dan kaos loreng.

Saat itu juga, korban berbalik arah dan mengejar serta meneriaki kedua tersangka yang berboncengan dengan “rampok”. Teriakan itu membuat warga yang melintas, turut mengejar dan mencegat tersangka Su dan GH. Warga yang kesal langsung menghakimi keduanya hingga babak belur.

Kapolsek Lubukpakam AKP Hendri Yanto Sihotang SH ketika dikonfirmasi SIB, Jumat (20/11) membenarkan bahwa tersangka Su adalah pensiunan TNI, sedangkan tersangka GH adalah warga sipil biasa.

Ketika diinterogasi, kedua tersangka mengaku telah merampas sepeda motor Honda Beat milik korban dan sudah dijual kepada seseorang yang tidak dikenalnya. Diakuinya, bersama empat temannya, sudah 8 kali melakukan aksi dengan modus yang sama di wilayah Kecamatan Lubukpakam, Pagarmerbau dan Tanjungmorawa.

Kedua tersangka masih menjalani pemeriksaan dan menyelidiki laporan korban yang sudah pernah dibegal kedua tersangka. Selanjutnya sepeda motor Honda CB150 R milik oknum purnawiran TNI yang saat itu digunakan kedua tersangka diamankan, sedangkan empat teman tersangka hingga kini masih diburon. (T03/c).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com