Rapat Paripurna DPRD SU Pengesahan Ranperda Covid-19 Hanya Dihadiri Ketua dan 2 Anggota Dewan

* Drs Baskami Ginting Mohon Maaf

313 view
Rapat Paripurna DPRD SU Pengesahan Ranperda Covid-19 Hanya Dihadiri Ketua dan 2 Anggota Dewan
(Foto SIB/Firdaus Peranginangin)
Paripurna Pengesahan: Rapat paripurna DPRD Sumut dalam agenda pengesahan   Rancangan Peraturan Daerah  (Ranperda) tentang "Penegakan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Sumut menjadi Perda, Kamis (30/4) di DPRD Sumut,  hanya dihadiri ketua dan 2 anggota dewan.
Medan (SIB) -Rapat paripurna DPRD Sumut dalam agenda pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang "Penegakan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Sumut menjadi Perda, Kamis (29/4) di DPRD Sumut, hanya dihadiri ketua dan 2 anggota dewan.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting dan dihadiri Wagub Sumut Musa Rajekshah dan dua anggota dewan, Thomas Dachi (FP Gerindra) dan Yahdi Khoir Harahap (FP PAN) seyogianya dimulai pada pukul 10.00 Wib, tapi molor menjadi pukul 11.00 Wib.

Saat Ketua DPRD Sumut mengetuk palu untuk melanjutkan sidang yang diskor pada Rabu petang (28/4) karena saat itu sudah menjelang berbuka puasa, dipersilahkannya Ketua Bapemperda (Badan Pembentukan Peraturan Daerah) Thomas Dachi menyampaikan laporannya.

Thomas Dachi tidak merasa canggung, walaupun rapat paripurna itu terlihat hening dan hanya dihadiri 3 anggota dewan dan sebagian ada yang mengikuti lewat virtual, sebab pada rapat sebelumnya fraksi-fraksi sudah menyampaikan pandangannya.

Thomas Dachi mendorong Pemprov Sumut agar Ranperda yang disahkan menjadi Perda ini menjadi payung hukum dalam melakukan tindakan penertiban disiplin dan pengendalian virus corona di Sumut.

Menyinggung tentang kehadiran anggota dewan yang sangat minim, Baskami Ginting menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Sumut, karena mayoritas anggota dewan sudah terjadwal melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah.

"Rapat paripurna ini merupakan hasil persetujuan anggota dewan pada Rabu kemarin yang sempat diskor karena sudah menjelang waktu berbuka puasa, sehingga disepakati dilanjutkan, Kamis (29/4)," ujarnya sembari menambahkan, rapat ini tidak lagi dihitung jumlah yang hadir, karena merupakan lanjutan rapat sebelumnya.

Meski teman-teman dewan tidak hadir secara fisik, katanya, tapi ada juga menyaksikan lewat virtual dan mendukung pengesahan Ranperda Covid-19 dilanjutkan dan disahkan menjadi Perda. Sebab sebagian besar dewan telah terjadual melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah.

Di penghujung acara, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Wagub Sumut Musa Rajekshah dan Ketua Bapemperda Thomas Dachi menandatangani dokumen Ranperda Covid-19 sebagai tanda disahkannya Ranperda tersebut menjadi Perda.(A04/c).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com