Ratusan Mahasiswa di Sulsel Dievakuasi Usai Terjebak Tanah Longsor 3 Hari


204 view
Ratusan Mahasiswa di Sulsel Dievakuasi Usai Terjebak Tanah Longsor 3 Hari
Foto: Muhammad Riyas/detikcom
Evakuasi mahasiswa yang terjebak tanah longsor di Luwu
Kabupaten Luwu (SIB)
Ratusan mahasiswa dari salah satu universitas negeri di Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), dievakuasi dari Pegunungan Andulan, Desa Siteba, Kabupaten Luwu. Mereka berhasil dievakuasi usai tiga hari terjebak akibat banjir dan tanah longsor di Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu.

Evakuasi dilakukan oleh anggota TNI, bersama para relawan gabungan, pada Sabtu (25/9). Evakuasi itu berjalan dramatis karena medan yang cukup berat dan lumpur tebal hingga sebagian mahasiswa harus digendong dan ditandu akibat mengalami dehidrasi dan kelelahan, bahkan ada yang tak sadarkan diri.

Danramil Walenrang, Kapten Inf Agus Purnomo, mengungkapkan bahwa ada sekitar 120 orang yang dievakuasi melewati lumpur. Proses evakuasi dilakukan selama kurang lebih 3 jam.

"Yang kami berhasil evakuasi sejak 13.30 Wita sampai pukul 17.00 Wita itu ada sekitar 120 orang, dengan kendala tadi ada 20 orang nyampe di lumpur nggak bisa terpaksa mutar jauh dengan sepeda motor trail," katanya.

Kapten Agus menjelaskan bahwa mahasiswa itu berada di Pegunungan Andulan saat banjir dan tanah longsor melanda Walenrang Utara pada Rabu (22/9) malam. Namun tak bisa langsung dievakuasi karena longsor besar menutup akses jalan dan tak bisa dilalui sama sekali.

"Mahasiswa semenjak kejadian bencana malam itu mereka sudah di atas, dan kami mendapat informasi malam itu juga. Tapi karena situasi kami tidak bisa mengevakuasi dan kami tidak bisa mengontrol ke sana karena akses jalan yang tidak bisa dilalui sama sekali," ucapnya.

Berdasarkan informasi, para mahasiswa itu berada di Pegunungan Andulan dalam rangka bina akrab yang dilaksanakan selama seminggu. Namun karena adanya bencana, kegiatan tersebut dipercepat. Saat hendak kembali longsor telah terjadi dan akses jalan tak bisa dilalui sama sekali. (detikcom/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com