Ratusan Rumah Terendam Banjir di Agara


152 view
Ratusan Rumah Terendam Banjir di Agara
Foto SIB/Armentoni Munthe
TERENDAM: Rumah warga terendam banjir akibat luapan Sungai Alas, Selasa (26/10).
Kutacane (SIB)
Curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari belakangan ini menyebabkan Sungai Alas meluap, akibatnya ratusan rumah terendam banjir di Aceh Tenggara (Agara), Selasa (26/10).

Kalaksa BPBD Kabupaten Aceh Tenggara, Nazmi Desky yang dihubungi SIB mengatakan, 9 desa di tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara terendam banjir dengan ketinggian air antara 50 cm s/d 1 meter.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun tercatat 207 kepala keluarga atau 756 jiwa diungsikan ke keluarga terdekat," kata Nazemi.

Menurut Nazemi, berdasarkan data sementara BPBD Agara, tiga kecamatan terendam meliputi Desa Titi Hakhapen, Titi Mas, Alas Mesikhat, dan Tuhi Jongkat (Kecamatan Babul Rahmah). Kecamatan Tanoh Alas meliputi Desa Salim Pinim dan Jambur Damar. Sementara di Kecamatan Ketambe meliputi Desa Lawe Aunan, Desa Lak- Lak, dan Desa Simpur Jaya.

Jumlah kerusakan dan kerugian akibat banjir ini masih dalam pendataan petugas. Pihak BPBD telah melakukan kajian cepat dan mengerahkan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi untuk meninjau situasi begitu mendapatkan informasi terjadinya banjir.

"Untuk saat ini, air sungai Alas telah mulai surut dan pihaknya sudah melaksanakan kegiatan rutin seperti administrasi dan pelaporan, pengendali dan, pengoperasian petugas piket Pusdalops, monitoring oleh petugas BPBD serta melakukan pendataan dan dokumentasi, pungkas Nazemi. (B6/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com