Ribuan Warga Dairi Belum Terima Undangan Pencairan BST Kemensos Maret-April


464 view
Ribuan Warga Dairi Belum Terima Undangan Pencairan BST Kemensos Maret-April
Foto Dok
Kantor Dinas Sosial Dairi
Sidikalang (SIB)
Ribuan penerima bantuan sosial tunai (BST) penanganan dampak Covid-19 dari Kementerian Sosial, tidak mendapat undangan untuk pencairan periode Maret- April 2021.

Sejumlah penerima bantuan di Desa Sitinjo II, Kecamatan Sitinjo dan Desa Kalangsimbara, Kecamatan Sidikalang yang tidak bersedia namanya ditulis, Jumat (23/4) mengaku, belum mendapat undangan pencairan periode Maret- April 2021. Padahal, ketika dicek data base data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) di situs resmi Kementerian Sosial (Kemensos), masih terdaftar sebagai penerima BST periode Maret-April.

Warga mengaku, kecewa karena tanpa alasan mereka tidak mendapat undangan. Padahal, katanya, Januari-Februari 2021, mereka mendapat undangan dan sudah mencairkannya. Diperoleh informasi, ada ribuan warga Dairi di 15 kecamatan tidak menerima surat undangan sebagai syarat mutlak pencairan BST dari Kemensos.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Dairi, Parulian Sihombing saat ditemui wartawan di kantornya, mengaku sedang terburu-buru, karena mau rapat di DPRD.

"Ke kepala bidang (Kabid) aja ya ditanya, aku buru-buru mau ke kantor dewan," ucap Parulian.

Ketika ditemui Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Kartini Deliana Padang, tidak berada di ruangannya. Salah seorang staf mengatakan, Kartini Deliana sedang kunjungan lapangan ke Desa Parbuluan 3, Kecamatan Parbuluan.

Sumber terpercaya di Dinas Sosial Dairi kepada wartawan mengakui, ada masyarakat pada periode sebelumnya mendapat undangan pencairan BST Kemensos, tetapi pencairan periode Maret - April, tidak dapat undangan pencairan.

Pejabat itu mengatakan, sejumlah kepala desa sudah melaporkan ke sini ada warga mereka tidak mendapat undangan. Sementara, pencairan sedang berlangsung saat ini. Lanjutnya, persyaratan pencairan BST harus membawa undangan disamping persyaratan lainnya seperti e-KTP.

Dikatakan, informasinya bukan pengurangan/ penghapusan penerima. Namun, sekarang Kemensos sedang melakukan validasi data DTKS, dengan data kependudukan dan catatan sipil pusat.

Sumber mengaku, belum memperoleh data berapa jumlah warga Dairi penerima BST yang tidak dapat undangan untuk pencairan.

Data Kemensos, ada sekitar 21 juta lebih warga tidak menerima surat undangan pencairan seluruh Indonesia. Ditunggu saja, mudah-mudahan undangan pencairan bagi penerima BST Kemensos periode Maret - April 2021 segera keluar.(B3/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com