Rp 3 Triliun Perputaran Ekonomi di NTB Dampak MotoGP Mandalika


540 view
Rp 3 Triliun Perputaran Ekonomi di NTB Dampak MotoGP Mandalika
Foto: Sonny Tumbelaka/AFP
Suasana saat start MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika, Minggu (20/3/2022).

Lombok Tengah (SIB)

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, ajang MotoGP 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika diperkirakan membuat uang berputar sekitar Rp 3 triliun di Nusa Tenggara Barat (NTB).


"Kita melihatnya ke dampak secara daerah dan nasional, pre-event saja sekitar Rp 500 miliar berputar di sini, pas event diperkirakan meningkat enam kali lipatnya (Rp 3 triliun), ini mulai konsumsi hingga melibatkan 11.000 tenaga kerja sejak pra-event,"


Nicke mengatakan, dengan adanya ajang ini, penerbangan penuh, penonton membeludak, dan tiket sold out. "Semuanya bergerak dalam 3 bulan ini, ada 1.300 UMKM baru khusus kuliner, itu di luar UMKM lain, jadi betul-betul menggerakkan ekonomi NTB dan Indonesia," kata dia.


Nicke mengatakan, MotoGP 2022 ini tidak hanya sekedar event bagi Indonesia. Ajang ini sebagai pembuktian bahwa Indonesia bisa recover dengan cepat dan melakukan akselarasi pascapandemi. "Mandalika juga dikenal di seluruh dunia, pembalap posting alam dan keindahan, ini luar biasa," kata dia.


Di sisi lain MotoGP merupakan suatu kebanggaan bagi Pertamina karena berkontribusi pada event ini sebagai sponsor pembangunan sirkuit. "Oleh karena itu namanya Pertamina Mandalika International Circuit," kata Nicke. (SP/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com