Rabu, 19 Juni 2024 WIB

STY Sebut Timnas Indonesia Tak Mental Tempe Lagi

Klok: Indonesia Layak Menang, Vietnam Beruntung
Redaksi - Minggu, 08 Januari 2023 08:57 WIB
281 view
STY Sebut Timnas Indonesia Tak Mental Tempe Lagi
(Foto Ant/Akbar Nugroho Gumay)
TERJATUH: Pemain Tinas Indonesia Marselino Ferdinan Philipus (tengah) terjatuh seusai dilanggar dua pemain Timnas saat pertandingan leg 1 babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1).&
Jakarta (SIB)
Shin Tae Yong percaya diri mentalitas pemain Timnas Indonesia sudah tidak lemah lagi sehingga tak akan grogi tampil melawan Vietnam di Hanoi.

Timnas Indonesia akan menjalani pertandingan leg kedua babak semifinal di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1). Ini akan menjadi kunjungan kedua Shin ke Vietnam setelah SEA Games 2021.

Menurut Shin, Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan tak akan gentar di kandang Vietnam. Mentalitas pemain, klaim Shin, sudah jauh meningkat dibanding saat pertama kali ditanganinya.

"Seperti yang dibicarakan saat jumpa pers kemarin [sebelum laga], jadi saya sendiri memilih para pemain yang saat ini, dan kami sudah berlatih setahun lebih," kata Shin selepas pertandingan.

"Masyarakat harus tahu bahwa Indonesia saat ini bukan Indonesia yang dulu. Secara fisik, mental, semua berbeda. Tidak perlu khawatir masalah mental pemain, meski bermain tandang," ujarnya menambahkan.

Pertandingan leg pertama babak semifinal berakhir dengan skor imbang 0-0.

Meski jumlah peluang Timnas Indonesia lebih banyak, tak ada peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Layak Menang
Indonesia gagal mencetak gol ke gawang Vietnam meski memiliki peluang lebih banyak untuk mencetak gol.

Menurut Klok, Vietnam beruntung karena beberapa peluang yang dihadirkan Skuad Garuda tidak menemui sasaran.

Gelandang naturalisasi Indonesia berdarah Belanda itu menilai keberuntungan menjadi salah satu penyebab The Golden Star Warriors terhindar dari kekalahan.

"Saya pikir kami menampilkan permainan yang sangat baik. Permainan bola yang agresif, menyerang dan serangan balik yang bagus. Banyak peluang yang bagus. Sektor pertahanan juga sangat kompak. Saya rasa kita sebenarnya layak untuk menang," ujar Klok.

"Saya bangga dengan tim ini bermain. Sayangnya pertandingan berakhir 0-0. Tapi masih ada satu pertandingan lagi. Vietnam bermain disiplin, pertahanan kokoh dan kipernya bagus. Mereka sedikit beruntung karena tembakan bola kami meleset," sambung pemain Persib Bandung itu.

Meski demikian gelandang 29 tahun itu memuji kualitas Vietnam. Klok mengatakan tim arahan Park Hang Seo itu menunjukkan kedisiplinan tinggi selama di lapangan.

"Pemain Vietnam disiplin. Semua orang tahu Vietnam adalah tim yang baik, mereka sudah lama main bersama. Semua orang mengakui kalau Vietnam adalah terkuat yang kami hadapi di turnamen, jadi kami akan main di Vietnam dengan penuh percaya diri," ujar Klok.

Berikutnya Vietnam akan menjamu Indonesia pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1).

Laga itu akan menjadi penentu langkah Skuad Garuda dalam menjemput tiket final.

Timnas Indonesia butuh kemenangan atau hasil imbang dengan gol 1-1, 2-2, dan seterusnya melawan Vietnam di leg kedua semifinal untuk bisa lolos ke final Piala AFF 2022. (CNN/c)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Thom Haye Cetak Gol, Timnas Indonesia Ungguli Filipina di Babak Pertama
Timnas Indonesia Bukan Anak Bawang Lagi, PSSI bak Kereta Cepat
Timnas Indonesia U20 Takluk 3-0 Lawan Ukraina di Laga Perdana Toulon Cup 2024
Timnas Indonesia U-23 Dikalungi Bunga dan Disambut Suporter
Pemko Pematangsiantar Gelar Nobar Indonesia vs Guinea di Lapangan Adam Malik
Malam Ini Penentuan Indonesia U-23 Untuk Tampil di Olimpiade Paris
komentar
beritaTerbaru