Kapolri Sambangi PBNU

Said Aqil: Jenderal Listyo Sigit NU “Cabang Nasrani”


395 view
(Foto: Ant/HO-Polri)
BERBINCANG: Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj (kiri) berbincang dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat acara Silaturahmi Kapolri ke PBNU di Kantor PBNU, Jakarta, Kamis (28/1).
Jakarta (SIB)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bertemu Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Ketum PBNU Said Aqil Siradj mengatakan Listyo Sigit Prabowo dekat dengan warga NU, dan Aqil menyebut Sigit NU “cabang Nasrani”.

"Saya juga kenal sama orang karena itu bagi saya bapak ini tidak asing lagi, bahkan dekat dengan warga NU. Maka dia ini bisa kita sebut NU “Cabang Nasrani” lah," kata Said Aqil di gedung PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (28/1).

Aqil telah mengenal Listyo Sigit Prabowo sejak bertugas sebagai Kapolres Pati di Jawa Tengah. Sosok Listyo Sigit Prabowo, sebut Aqil, merupakan seorang perwira polisi yang berintegritas dan profesional.

"Saya pribadi sudah kenal lama sejak beliau Kapolres Pati, Kapolresta Solo, Kapolda Banten lalu saya selalu berjumpa beliau dan selama saya kenal, beliau seorang perwira polisi yang profesional, bertindak tegas, bersikap tegas, tanpa ada rasa apapun, tanpa ada beban," ujarnya.

Bahkan, selama mengemban tugas sebagai Kapolres dan Kapolda, Listyo Sigit Prabowo dinilai sebagai sosok yang hormat kepada para ulama. Khususnya, para ulama yang ada di daerah.

"Karena beliau memang polisi yang profesional, selama ini yang saya tahu dia sangat hormat dengan ulama dan para Kyai. Waktu di Banten antara lain dekat dengan Mbah Muhtadi Kyai sepuh Banten dan setiap dengan Mbah Sahal (Sahal Mahfudh) juga dekat dengan teman kami juga, sebelum jadi wapres (Ma'ruf Amin) itu menjadi Wapres belum," kata Aqil.

Kepada wartawan, Jenderal Listyo Sigit mengatakan, kedatangannya adalah untuk bersilaturahmi. Apalagi NU adalah organisasi yang besar di Indonesia.

"Meningkatkan sinergi umaroh dan ulama di dalam melaksanakan program-program pemeliharaan Harkamtibmas karena memang ke depan Polri tidak mungkin bekerja tanpa dukung dan partisipasi masyarakat," ucap Listyo kepada wartawan.

Selain itu, Listyo bilang, kedatangannya juga untuk menyelaraskan persepsi soal program-progam Polri di masa kepemimpinannya. Sehingga, nantinya tidak ada kesalah-pahaman yang terjadi.

"Tentunya dalam rangka mensinergikan program-program yang akan kita laksanakan ke depan," kata dia
Hasil dari pertemuan itu, sambung Listyo, PBNU mendukung penuh program-program Polri. Bahkan, akan saling membantu dalam menciptakan keamanan di masyarakat dari tingkat atas hingga paling bawah.

"Jadi terima kasih sekali lagi kepada seluruh pimpinan NU Pusat dan tadi kita diberikan akses sampai dengan cabang untuk bisa bersinergi. Jadi Kapolsek dengan pengurus NU Cabang, kemudian Kapolres dengan pengurus NU diatasnya sampai Polda, kami Kapolri bersinergi dengan pimpinan Pusat PBNU Pak Kiyai Said Aqil," papar dia.

"Mungkin itu yang tentunya akan terus kita pelihara dan kita kembangkan dalam rangka memberikan rasa aman terhadap masyarakat," sambung dia.

Pantauan di lokasi, Jenderal Listyo Sigit Prabowo tiba pukul 16.23 WIB. Dia didampingi Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono hingga Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Setibanya di kantor PBNU, Jenderal Listyo Sigit Prabowo langsung masuk ke dalam. Terlihat juga Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi dan Dir Siber Brigjen Slamet Uli Andi.

Rombongan Jenderal Listyo Sigit Prabowo disambut Ketua PBNU Marsudi Syuhud, Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faishal Zaini dan Ketua Bidang Ekonomi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Eman Suryaman.

Terlihat Marsudi Syuhud mengenakan kemeja bercorak batik berwarna coklat dan celana hitam. Selain itu, Helmy Faishal mengenakan kemeja bercorak batik berwarna hijau dan celana hitam. (detikcom/aktual/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com