Saksi ERA Temukan Dugaan Kecurangan di Pilkada Labuhanbatu


628 view
Saksi ERA Temukan Dugaan Kecurangan di Pilkada Labuhanbatu
Foto Dok/Dody
SAKSI: Saksi Paslon nomor 2, ERA, Dody Syahputra saat memprotes tidak diberinya daftar pemilih yang menggunakan e-KTP di PPK Rantau Selatan, Sabtu (12/12). 
Rantauprapat (SIB)
Saksi dari calon bupati-wakil bupati nomor 2, dr H Erik Adtrada Ritonga MKM-Hj Ellya Rosa Siregar SPd (ERA) menemukan dugaan kecurangan di Pilkada Labuhanbatu, antara lain dugaan melakukan 2 kali mencoblos kertas suara.

"Banyak kita temukan pemilih yang menggunakan e-KTP yang diduga kuat melakukan 2 kali memilih," sebut saksi ERA di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rantau Selatan, Dody Syahputra kepada wartawan, Senin (14/12) sore.

Katanya, banyak pemilih di Kecamatan Rantau Selatan yang menggunakan hak pilihnya dengan e-KTP, padahal terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) setelah dikroscek.

Selain itu, ada pemilih terdaftar di DPT Kecamatan Rantau Selatan, namun domisili KTP-nya di Kecamatan Rantau Utara. Bahkan ada pemilih tersebut terdaftar sebagai pemilih di DPT Rantau Utara. Hal ini sudah melanggar Undang-undang Pilkada dan peraturan KPU," katanya.

"Ada yang aneh dari KPU. Pada hari pertama penghitungan suara di PPK Kecamatan Rantau Selatan, saksi Paslon nomor 2 dan saksi Paslon nomor 1 meminta daftar hadir pemilih yang menggunakan e-KTP dan diberikan PPK. Tetapi pada hari kedua saat menghitung suara dari kelurahan lain, daftar pemilih yang menggunakan e-KTP tidak diberikan oleh PPK lagi," katanya.
Ketika dipertanyakan saksi Dody, komisioner KPU pada saat hadir di PPK, menjawab akan ditelaah.

Sementara itu, Paslon nomor 3, Andi Suhaimi dan Faizal Amri sudah mendeklarasikan ASRI menang Pilkada Labuhanbatu. Demikian juga Badan Saksi Nasional Partai Golkar Kabupaten Labuhanbatu yang mengumumkan ASRI memenangkan Pilkada dengan perolehan suara 88.212 suara atau 37,28%, sedangkan ERA meraih 86.843 suara atau 36,79%, atau selisih 1.369 suara.

Sedangkan Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi menyatakan pihaknya selaku penyelenggara pemilihan umum netral dalam Pilkada Labuhanbatu.

Berdasarkan data perolehan suara sementara calon bupati/wali kota di Sumut versi KPU, Senin (14/12) hingga pukul 23.00 WIB, pasangan ASRI sementara unggul tipis 0,3 persen dengan raihan 37,2% suara dari pasangan ERA 36,9% dari suara masuk yang telah mencapai 99,72%. (BR6/R4A/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com