Sejumlah Advokat Minta Sidang MA Terbuka Buntut Hakim Agung Jadi Tersangka


192 view
Sejumlah Advokat Minta Sidang MA Terbuka Buntut Hakim Agung Jadi Tersangka
Foto : Lisye Sri Rahayu/detikcom
Gedung MA.

Jakarta (SIB)


Sejumlah advokat yang tergabung dalam Tim Advokasi Amicus (TAM) meminta sidang di tingkat Mahkamah Agung (MA) dilakukan terbuka untuk umum guna mengurangi penyimpangan. Hal itu menyikapi penetapan tersangka dan penahanan hakim agung Sudrajad Dimyati oleh KPK.

"Ini sebenarnya menjadi momentum bagus untuk pembenahan sistem peradilan," kata perwakilan TAM, Johan Imanuel, dalam keterangan persnya, Minggu (25/9).

Dorongan sidang terbuka untuk umum itu didasarkan pada kenyataan saat ini, yaitu upaya hukum banding, kasasi sampai peninjauan kembali (PK) dan uji materi di Indonesia dilaksanakan dalam sebuah persidangan secara tertutup. Maka alangkah baiknya dapat ditinjau kembali agar menjadi persidangan secara terbuka.

"Sebenarnya kalau persidangan transparansi itu lebih muda dipantau dan diawasi oleh masyarakat sehingga dapat mencegah terjadinya potensi pelanggaran hukum yang mungkin timbul dalam proses persidangan," ujar Johan Imanuel.

Perwakilan lainnya, advokat Yogi Pajar Suprayogi, meminta MA dapat melakukan terobosan untuk mengubah sidang tertutup menjadi terbuka.

"Jika sejak awal pemeriksaan suatu perkara dibuka untuk umum, seharusnya setiap pemeriksaan di semua tingkatan tetap terbuka sampai akhir, yaitu adanya putusan. Namanya sidang terbuka artinya terbuka lebar seluas-luasnya untuk masyarakat secara umum.

Dalam artian memberikan akses kepada masyarakat luas untuk melihat jalannya persidangan," ucap Yogi.

Saat ini MA telah memiliki sistem e-court, sudah seharusnya dimasukkan juga ke sistem tersebut, sehingga masyarakat yang berperkara dapat kepastian hukum karena memantau langsung prosesnya di semua tingkatan.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com